detikNews
Selasa 05 Juni 2018, 16:46 WIB

Libur Lebaran, 10 Rumah Sakit di Aceh Siap Layani Pasien JKN-KIS

Datuk Haris Maulana - detikNews
Libur Lebaran, 10 Rumah Sakit di Aceh Siap Layani Pasien JKN-KIS Foto: Ilustrasi Mindra Purnomo
Aceh - Sebanyak 10 Rumah Sakit di Aceh ditunjuk oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien peserta JKN-KIS selama libur lebaran tahun 2018. Selain itu, BPJS Kesehatan juga meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan 2018 yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk Android.

Rumah Sakit yang ditunjuk untuk bekerjasama melayani peserta JKN-KIS di wilayah hukum BPJS Kesehatan cabang Lhokseumawe yaitu RS Bunga Melati dan RS Sakinah di Lhokseumawe. RSU Cut Meutia Buket Rata, Aceh Utara beserta sejumlah puskesmas yang ada. Kemudian di Bireun RSUD dr. Fauziah, RSU Malahayati, RS BMC Bireuen, RSU Jeumpa serta 18 Pusekesmas. Sementara di Kabupaten Aceh Tengah ditunjuk RSUD Datu Beru dan RSU Fandika serta 14 Puskesmas. Kemudian di Kabupaten Bener Meriah ditunjuk RSU Munyang Kute serta 13 Puskesmas di kabupaten tersebut.

"Mulai dari H-8 hingga H+8 l lebaran tahun ini, Kantor Cabang BPJS Kesehatan Lhokseumawe terus membuka layanan kepada masyarakat. Kemudian juga bekerjasama dengan Puskesmas dan rumah sakit yang masuk wilayah yang ditunjuk untuk memberikan pelayanan maksimal selama waktu telah ditentukan," kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Lhokseumawe, Manna kepada detikcom, Selasa (5/6/2018).

Manna menyebutkan rumah sakit tersebut selama lebaran ini ditunjuk untuk melayani peserta JKN-KIS yang tidak mendapat pelayanan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), maka peserta atau pasien dapat dirujuk langsung ke Intalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit yang telah ditunjuk oleh BPJS selama libur lebaran.

"Kami mengimbau kepada peserta BPJS Kesehatan, jangan lupa membawa indentitas diri ketika mudik atau berpergian yaitu kartu BPJS, baik itu yang sudah download di mobile JKN maupun kartunya, karena apapun kejadian kartunya tetap diminta. Kemudian tetap selalu menjaga kesehatan selama liburan berlangsung," tambah Manna.
(asp/asp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com