DetikNews
Selasa 05 Juni 2018, 15:23 WIB

Cegah Radikalisme, Rektor Unhas Waspadai Penceramah dari Luar Kampus

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Cegah Radikalisme, Rektor Unhas Waspadai Penceramah dari Luar Kampus Rektor Unhas Makassar, Dwia Aries Tina Pulubuhu (bakrie/detikcom)
Makassar - Wilayah kampus atau universitas ternyata tidak luput dari tempat penyebaran paham radikalisme dan terorisme. Belajar dari kasus ini, universitas diharapkan dapat merangkul BNPT dan Densus 88 untuk mencegah menyebarnya paham ini.

"Kita harus merangkul, bersama dan memperkuat Densus88 dan BNPT untuk menangkal radikaslisme di kampus," kata Rektor Universitas Hasanuddin, Makassar, Dwia Aries Tina Pulubuhu saat berbincang dengan detikcom, Selasa (5/6/2018).


Kejadian di Universitas Riau (UNRI) disebut Dwia telah membuka mata para rektor bahwa kampus yang dianggap sebagai tempat yang paling aman juga ternyata bisa disusupi paham radikalisme.

"Oleh karena itu, kami para rektor akan membuat aksi nyata yang bisa menjaga kampus agar tidak disusupi oleh oknum," ucapnya.


"Tidak cukup pernyataan sikap saja, tetapi harus ada aksi gerakan yang dilakukan civitas akademika agar semakin waspada," tambahnya.

Dwia mencontohkan, setiap warga kampus harus melaporkan adanya kegiatan yang mencurigakan yang terjadi. Lalu juga melakukan pendekatan dengan kelompok kelompok dakwah kampus.

"Jadi kalau bukan warga kampus, tinggal di sana, dan melakukan ceramah-ceramah maka harus diwaspadai," terangnya.

Secara tegas, dirinya juga mendukung soal RUU Terorisme segera dikeluarkan untuk mencegah radikalisme yang menjurus ke aksi teror.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed