ADVERTISEMENT

Anies: Kantor Kelurahan Siap Jadi Penitipan Kendaraan Saat Mudik

Indra Komara - detikNews
Selasa, 05 Jun 2018 14:09 WIB
Foto: Gubernur DKI Anies Baswedan, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi, dll. (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan area kantor kelurahan di Ibu Kota bisa digunakan sebagai lahan parkir saat musim mudik lebaran 2018. Warga yang mudik bisa menitipkan kendaraan di kantor lurah.

"Setiap kantor kelurahan nanti akan siap jadi tempat penitipan bila mereka pulang tidak menggunakan kendaraan bermotor, jadi kantor kelurahan akan terus jadi tempat penitipan," kata Anies di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (5/6/2018).



Terkait keamanan, Anies mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memperketat lingkungan warga sampai ke level RT-RW. Anies mewajibkan setiap warganya untuk melakukan wajib lapor 1x24 jam.

"Keamanan kami simpulkan perlunya penguatan pengawasan di level wilayah RT-RW untuk memastikan bahwa kewajiban lapor 1x24 jam benar-benar ditaati dan kami akan aktifkan lagi forum komunikasi di jajaran paling dekat dengan masyarakat, di sana ada komponen Babinsa, Lurah, FKBM, RT-RW, semua kami aktifkan sehingga potensi ketidakwajaran yang ada di masyarakat bisa terdeteksi," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengusulkan agar kantor lurah dan camat se-Jakarta dijadikan tempat parkir kendaraan warga yang mudik. Sandiaga meminta para lurah dan camat mendiskusikan usul tersebut kepada warga.

"Saya rasa itu ide yang baik. Dan serahkan kepada masing-masing camat dan kelurahan untuk bicara sama warga kalau ada kebutuhan itu. Karena kantor itu milik warga juga," kata Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (4/6).

Pemprov DKI Jakarta sudah memberlakukan beberapa kebijakan terkait mudik Lebaran 2018. Salah satunya soal pemeriksaan sopir bus yang membawa para pemudik.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengubah kebijakan terkait pemeriksaan kesehatan sopir bus. Kali ini pemeriksaan kesehatan sopir dilakukan dengan mendatangi kantor perusahaan bus. (idn/aan)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT