DetikNews
Selasa 05 Juni 2018, 11:42 WIB

Jazirah Islam 2018

Semangat Fayi, Tetap Giat Bersepakbola Meski Berpuasa

Lydia Wijaya - detikNews
Semangat Fayi, Tetap Giat Bersepakbola Meski Berpuasa Host Jazirah Islam Lydia Wijaya bersama Fayi Mohammed Rizki. (Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7)
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Den Haag - Belanda dikenal juga sebagai gudangnya pemain sepakbola. Cukup banyak pemain bola muslim di Belanda. Ada Khalid Boulahrouz dan Ibrahim Afellay.

Jagoan sepakbola muslim dunia tersebut, menjadi semangat bagi pesepakbola muda seperti Fayi Mohammed Rizki, remaja usia 14 tahun, pemain muslim di klub sepak bolanya, HDC Delft.

Semangat Fayi, Tetap Giat Bersepak Bola Meski Berpuasa Fayi tetap berlatih dan bertanding sepak bola meski sedang puasa. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


Jika di Indonesia pertandingan sepakbola biasanya dilaksanakan usai berbuka. Di Negeri Kincir Angin ini, pertandingan dan latihan tetap berjalan normal meski di bulan Ramadan.



Hal inilah yang kerap dihadapi Fayi tiap tahunnya. Namun hal itu tak membuatnya patah semangat. Ia tetap giat berlatih dan bertanding meski sedang berpuasa.

Agar dapat kuat menjalani kewajiban sebagai muslim dan pemain bola, blasteran Belanda-Indonesia ini selalu menyiasati asupan makanan supaya tetap bergizi dan penuh nutrisi.

Tak hanya makanan, ia juga mengandalkan kedekatannya pada Tuhan, seperti salat dan mengaji. Fayi percaya kedua hal ini dapat membantunya menjadi lebih kuat berlatih meski sedang puasa.

Semangat Fayi, Tetap Giat Bersepak Bola Meski Berpuasa Lingkungan pergaulan Fayi menghormatinya puasa. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


Teman-temannya pun sangat menghormati dan mendukung Fayi berpuasa. Dengan berbagai dukungan, pria yang mengidolakan pemain bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo ini tak pernah mengecewakan timnya. Fayi tak pernah gagal dalam menunjukkan aksinya di posisi gelandang serang belakang.

Kemenangan pertandingan sepakbola nasional maupun internasional pun sudah dilewatinya. Belasan medali dan piagam pun sudah diraih.

Azan ashar berkumandang saat tim Jazirah Islam mengikuti kegiatan Fayi. Kami memutuskan untuk salat di masjid Al-Hikmah di jalan Medlerstraat. Masjid ini merupakan satu dari dua puluhan masjid yang tersebar di daerah Den Haag.

Semangat Fayi, Tetap Giat Bersepak Bola Meski Berpuasa Masjid Al-Hikmah dulunya merupakan gereja. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


Umat muslim tumbuh cukup pesat di sini. Jumlah muslim saat ini ada sebanyak 14% dari total populasi masyarakat Den Haag yang berjumlah 500 ribu orang. Tempat ini dulunya adalah sebuah gereja bernama Immanuel Kerk, yang kemudian dibeli oleh salah seorang pengusaha Indonesia bernama Probosutedjo dan ia mewakafkannya di awal Juli 1996.



Beberapa simbol gereja masih terpampang di bawah ruangan salat, agar siapa pun yang datang dapat mengetahui sejarah masjid ini. Alhamdulillah, keberadaan Al-Hikmah memudahkan muslim Den Haag menjalankan salat berjamaah di masjid.



Ikuti perjalanan Memotret Kehidupan Muslim di Belanda dalam program Jazirah Islam, Selasa 5 Juni pukul 15:00 WIB hanya di TRANS 7


Tonton juga perjalanan Jazirah Islam di Dubai berikut ini:



(rns/rns)
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed