detikNews
Selasa 05 Juni 2018, 11:08 WIB

Jokowi Kaget Luas Lahan Kampus UIII 142 Hektare

Niken Purnamasari - detikNews
Jokowi Kaget Luas Lahan Kampus UIII 142 Hektare Foto: Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan UIII. (Niken Purnamasari/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) antusias soal pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Jawa Barat. Semula dia merencanakan kampus tersebut harus dibangun di lahan seluas 1.000 hektare.

Namun harapan Jokowi membangun kampus di area seluas itu harus kandas. Sebab tak ada daerah di Pulau Jawa yang memiliki lahan sampai sebesar itu. Setelah melalui rapat dengan tim, dipilihlah lahan di Cimanggis, Depok seluas 142,5 hektare untuk pembangunan kampus UIII.

"Ramainya sudah 2 tahun. Mencari lahan nggak mudah karena saya sampaikan saya nggak mau setengah-setengah, lahannya harus besar. Permintaan saya lebih dari 1.000 hektare tapi nggak ada di Jawa sulit sekali. Saya menawarkan di luar Jawa dan semua tim menyampaikan tidak setuju," ujar Jokowi saat meletakkan batu pertama di kampus UIII Depok, Selasa (5/6/2018).


Meski tak seluas 1.000 hektare, Jokowi mengungkapkan dirinya sempat kaget saat melihat luas kampus tersebut. Dia pun bersyukur akhirnya kampus UIII dapat dibangun di pulau Jawa.

"Ya sudah dibangun di Jawa. Carikan lahan yang mendekati 1.000 hektare kita mendapatkan 142 hektare jauh dari 1.000 tetapi setelah melihat di lapangan saya kaget. 142 hektare lahan yang sangat luas Alhamdulillah. Saya nggak bayangkan kalau dapat 1.000 hektare," ucapnya diiringi tawa.


Tonton juga 'Jokowi Letakkan Batu Pertama UIII di Depok':

[Gambas:Video 20detik]


Sementara dari sisi desain, Jokowi mengatakan kampus UIII dirancang futuristik. Makna filosofinya adalah agar kampus ini juga menjadi kampus masa depan untuk kajian peradaban Islam di Indonesia.

"Kalau kita lihat dari sisi bangunan, dari sisi desain, desainnya futuristik. Memang ilmu research, adalah kita melihatnya ke depan bukan ke belakang. Baik dari sisi desain, tata ruang kampus saya melihat ini betul-betul kampus masa depan dan kita berharap UIII benar-benar menjadi pusat kajian penelitian peradaban Islam di negara kita Indonesia," kata Jokowi.



Tonton juga 'Rumah Pendidikan Anak-anak Termarjinalkan di Ibu Kota':


(nkn/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com