DetikNews
Senin 04 Juni 2018, 17:57 WIB

Top 5 News

Tong Sampah Made In Jerman, Warga Palestina Ancam Bakar Jersey Messi

Mega Putra Ratya - detikNews
Tong Sampah Made In Jerman, Warga Palestina Ancam Bakar Jersey Messi Foto: detikcom
Jakarta - Berita tong sampah buatan Jerman yang dibeli oleh Pemprov DKI Jakarta menjadi perhatian publik. Pengadaan tong sampah ini sudah dilakukan sejak 2017 dengan total 2600 unit.

Selain itu, rencana pertandingan uji coba antara Israel Vs Argentina yang digelar di Stadion Teddy, Jerusalem menuai kecaman. Warga Palestina akan membakar jersey striker timnas Argentina, Lionel Messi.

Apa saja lima berita yang menarik perhatian publik hari ini? Berikut Top 5 News edisi Senin (4/6/2018).

[Gambas:Video 20detik]

1. Ini Tong Made In Jerman yang Pengadaannya jadi Sorotan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membeli sekitar 2.600 unit tempat sampah buatan Jerman sejak 2017. Pengadaan tempat sampah tersebut pun ramai jadi bahan perbincangan di media sosial.

Dikutip dari situs resmi Weber, wadah tersebut mampu memuat 660 liter atau 270 kg sampah. Produk ini dibuat dengan bahan high-density polyethilene (HDPE).

Tong sampah itu diklaim mampu bertahan dari beku, panas, hingga reaksi kimia. Produk itu juga disebut bisa menangkal radiasi sinar ultraviolet (UV).

Baca Selengkapnya: Spesifikasi Tong Sampah Made In Jerman

2. Warga Palestina Ancam Bakar Jersey Messi

Presiden federasi sepakbola Palestina, Jibril Rajoub, menyerukan untuk membakar foto dan jersey Lionel Messi. Itu imbas rencana uji coba Israel vs Argentina.

Argentina akan menghadapi Israel dalam laga uji coba di Stadion Teddy, Jerusalem, Minggu (10/6/2018) dinihari WIB. Rencana laga tersebut menjadi polemik untuk rakyat Palestina.

Hal tersebut tak lepas dari sengketa antara Palestina dan Israel soal Yerusalem. Sejauh ini Israel berencana menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota, menyusul pengakuan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, terhadap kota itu sebagai ibu kota Israel. Kedutaan Amerika bahkan sudah dipindahkan ke sana bulan lalu.

Baca selengkapnya: Protes Israel Vs Argentina

3. Polisi Kantongi Identitas Motor Pelaku Vandalisme Underpass Mampang

Polisi menyayangkan aksi vandalisme oleh sekelompok orang saat melakukan sahur on the road (SOTR) di beberapa titik di Jakarta. Polisi meminta warga untuk menjaga lingkungan dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan tim gabungan telah dibentuk untuk mencari pelaku yang mengotori Underpass Mampang-Kuningan itu. Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan.

Baca selengkapnya: Polda Metro Bentuk Tim Buru Pelaku

4. Omzet Penjual Jenang di Blitar Meroket

Di Blitar, ada kampung di mana hampir seluruh warganya memproduksi jenang secara rumahan. Total ada 45 rumah sekaligus home industry jenang di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar ini.

Saat Ramadan, geliat kampung jenang pun semakin terasa. Banyak warga hilir mudik membawa bahan-bahan untuk membuat jenang, seiring meningkatnya pesanan.

Proses membuat jenang sendiri sudah dimulai usai Subuh. Bau gurihnya kelapa sangrai dan gula merah selalu tercium di sepanjang jalan desa ini.

Baca selengkapnya: Geliat Kampung Jenang Saat Ramadan

5. Ketegaran Ibu Syuhada Razan Najjar

Razan al-Najjar, perawat medis Palestina berusia 21 tahun tewas karena tertembak oleh pasukan militer Israel saat bentrokan dengan para demonstran di dekat perbatasan di Jalur Gaza.

Ibu Razan, Sabreen yang saat ditemui sedang mengenakan pakaian serba hitam dan menggenggam rompi medis milik putrinya. Sabreen sempat mengungkapkan bahwa dirinya takut saat Razan meminta restu untuk menjadi tenaga medis sukarela.

Namun, ketakutannya ditepis oleh Razan yang merasa berkewajiban untuk membantu warga Palestina. Di mata Sabreen, Razan adalah gadis kecil yang kuat dengan rompi medis sebagai senjatanya.

Baca selengkapnya: Duka Orang Tua Razan
(ega/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed