detikNews
Senin 04 Juni 2018, 08:40 WIB

Soal Gatot Cium Tangan SBY, PAN: Itu Budaya Baik

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Soal Gatot Cium Tangan SBY, PAN: Itu Budaya Baik Foto: Gatot Nurmantyo Mencium Tangan SBY (Istimewa)
Jakarta -
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mencium tangan Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di sela acara buka bersama. PAN menanggapi positif hal tersebut.
Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut tindakan Gatot tersebut adalah budaya baik. Eddy pun tak menilai ada maksud tertentu dari hal tersebut.
"Pak SBY kan seniornya (Gatot), saya ketemu senior saya juga cium tangan kok. Itu kan budaya baik. Masa saya kalau ketemu orangtua saya cium tangan ada maksud tertentu sih? Nggak juga kali ha-ha-ha," kata Eddy kepada detikcom, Minggu (3/6/2018).
Ia melanjutkan, syarat untuk menjadi capres dari PD tak bisa dengan hanya mencium tangan SBY. Ia pun mencontohkan, tak cukup hanya dengan mencium tangan politikus senior PAN Amien Rais jika ingin maju sebagai capres dari partainya.
"Rasanya untuk jadi capres Demokrat harus lebih dari sekedar cium tangan. Kan harus menyampaikan visi-misi, meyakinkan partai. Sama juga dengan kita, kalau besok-besok ada orang yang cium tangan sama Pak Amien dan berharap jadi capres dari PAN kan tidak cukup, tidak sesuai dengan syarat itu kan," ujarnya.
Diberitakan sebelumnya, Gatot mencium tangan SBY saat acara buka puasa bersama di kediaman pengusaha Chairul Tanjung, di Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6) kemarin. Gatot Nurmantyo menunduk dan memegang tangan SBY.
Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari, menilai peristiwa itu wajar saja terjadi. Soalnya, Gatot adalah junior SBY di TNI. SBY juga merupakan pemimpin negara. Semua faktor itu dilingkupi suasana Ramadan.
"Suasana bulan Ramadhan, silaturahmi adalah hal yang baik apalagi sejak lama beliau (Pak SBY) dikenal oleh Mas Gatot semasa tugas di TNI sebelumnya," kata Imelda.





(yas/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed