Di Pelabuhan Bakauheni, Menhub Tanya Cara Atasi Penumpang Marah

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 02 Jun 2018 11:16 WIB
Menhub di Pelabuhan Bakauheni. (Dwi Andayani/detikcom)
Banten - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Peninjauan ini dalam rangka mempersiapkan angkutan Lebaran 2018.

Pantauan detikcom di Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (2/6/2018), Budi tiba pukul 09.40 WIB. Dia didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi serta Dirut PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Ira Puspadewi.



Budi beserta rombongan disambut oleh GM PT ASPD Bakauheni Anton Murdianto dan Kapolres Lampung Selatan AKBP M Syarhan. Budi dan rombongan kemudian menuju terminal keberangkatan pelabuhan.

Masuk ke pelabuhan, Budi menyempatkan diri bertanya kepada petugas pelayanan tiket bernama Fitri. Budi menanyakan cara petugas tiket melayani penumpang yang marah.

"Kalau ada penumpang yang marah, gimana cara mengatasinnya?" ujar Budi.

Fitri mengatakan caranya mengatasi penumpang yang marah saat membeli tiket adalah dengan senyum.



"Disenyumin aja, Pak," ujar Fitri.

Budi kembali melemparkan pertanyaan alasan penumpang marah saat membeli tiket. "Kenapa biasanya penumpang marah?" tanya Budi.

Menurut Fitri, biasanya penumpang marah ketika diminta menunjukkan KTP untuk pembelian tiket. Alasan lain adalah penumpang tidak bersedia membeli tiket untuk anaknya.

"Biasanya penumpangnya nggak mau keluarin KTP, terus ada yang bawa anak 6 tahun dia nggak mau beli tiket dewasa buat anaknya karena katanya cuma beda setahun tiket anak," ujar Fitri.

Selain menyapa petugas tiket, Budi menyapa penumpang yang sedang membeli tiket. Ia menanyakan ke mana tujuan dan apa alasan penumpang tersebut membeli tiket.

"Namanya siapa? Mau ke mana," tanya Budi.

"(Nama saya) Faisal, mau kerja, Pak, ke Pandeglang," jawab penumpang.

Usai menyapa petugas dan penumpang, Budi melanjutkan tinjauannya ke Dermaga I dan II. Budi sempat menanyakan jalur dermaga mana saja yang dapat dilalui oleh pejalan atau terdapat gangway (jalur pejalan).

GM PT ASPD Bakauheni Anton Murdianto menjelaskan penumpang pejalan dapat melalui Dermaga I dan II.

"Kalau penumpang pejalan bisa lewat sini di Dermaga I, II, dan III," Kata Anton.

Setelah melakukan peninjauan di dermaga, Budi dan rombongan menuju kantor PT ASDP Cabang Bakauheni. Di sana Budi dan rombongan melakukan rapat terkait sarana dan prasarana mudik Lebaran 2018. Rapat ini berlangsung secara tertutup.

Nantinya, setelah meninjau Pelabuhan Bakauheni, Budi dan rombongan direncanakan akan melanjutkan peninjauan ke Pelabuhan Merak, Banten. (bag/bag)