DetikNews
Jumat 01 Juni 2018, 20:32 WIB

Tanya Jawab Islam

Hukum Salat Duha Berjemaah

Tim detikRamadan - detikNews
Hukum Salat Duha Berjemaah
FOKUS BERITA: Tanya Jawab Islam
Jakarta - Salat duha merupakan salat sunah yang dilakukan seorang muslim di waktu dhuha, yaitu waktu ketika Matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya, kira-kira pukul 7 pagi, hingga sebelum waktu zuhur.

Terkait pelaksanaan salat duha, di sekolah-sekolah banyak yang membiasakan para siswanya melaksanakan salat duha secara berjemaah. Padahal lazimnya yang diketahui banyak orang, salat duha dilakukan sendiri-sendiri. Lalu, apakah dibolehkan salat duha secara berjemaah?

Menanggapi hal ini, Hj. Badriyah Fayumi, MA, menjelaskan bahwa di dalam hadis, dan lebih rinci lagi dalam kitab-kitab fiqih, disebutkan bahwa salat sunah dibagi dua kategori.


Ada yang disunahkan untuk berjemaah, seperti ibadah salat Idul Fitri, salat Idul Adha, salat tarawih, salat istisqa, dan salat gerhana. Namun ada juga salat sunah yang tidak disunahkan berjemaah, tetapi tidak apa-apa kalau dilakukan berjemaah. Salah satunya adalah salat duha.

"Salat duha itu termasuk salat sunah yang tidak disunahkan berjemaah. Tapi tidak apa-apa juga kalau dilakukan berjemaah. Maka, kalau misal kita lihat misalnya di sekolah, pagi-pagi dari pihak sekolah mengadakan salat duha berjemaah. Itu boleh-boleh saja," terang Badriyah.

Tergantung situasi dan kondisi pula, boleh juga melakukan salat duha sendirian, misalnya bagi seorang karyawan, meluangkan waktu bekerjanya untuk duha di kantor.


"Jadi salat duha termasuk salat sunah yang tidak disunahkan berjemaah tetapi tidak apa-apa, boleh, tidak makruh juga ketika dilakukan berjemaah. Keterangan ini ada dalam beberapa kitab fiqih, antara lain dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin. Jadi kita bisa lebih khusyuk berdoa setelah salat duha sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing," pungkas Badriyah.

Penjelasan lebih lengkapnya simak video sketsa berikut ini:




Saksikan program Tanya Jawab Islam, setiap hari pukul 17:35 WIB selama Ramadan di detikcom.



Tonton juga video spesial Ramadan lainnya tentang mengaji berikut ini:


(rns/rns)
FOKUS BERITA: Tanya Jawab Islam
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed