DetikNews
Jumat 01 Juni 2018, 13:36 WIB

BPIP: Jadikan Hari Pancasila Momentum Perkuat Persatuan

Audrey Santoso - detikNews
BPIP: Jadikan Hari Pancasila Momentum Perkuat Persatuan Foto: Ketua BPIP Yudi Latief (Audrey/detikcom)
Jakarta - Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latief mengatakan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini spesial karena bersamaan dengan tahun politik, Ramadan dan perhelatan olahraga Asian Games. Yudi berharap masyarakat dapat menumbuhkan rasa persatuan, berbagi dan soliditas.

"Jadi seperti tadi terungkap dalam pidato presiden, Hari Lahir Pancasila tahun ini 'Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi dan Berprestasi', karena kebetulan memotong banyak peristiwa, banyak event-event, mulai Ramadan, 17 Agustus, Asian Games, tahun padat politik," kata Yudi usai mengikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (1/5/2018).


Yudi mengimbau perbedaan pilihan di masyarakat jangan sampai mengakibatkan perpecahan. Dia berharap masyarakat tetap menahan diri dalam semangat persatuan.

"Tahun ini memang kita pertama mengimbau agar apapun pilihan politik kita, apapun dukungan kita, tidak boleh merobek persatuan kita, dan ada tanda-tanda retakan dalam rumah tangga kebangsaan, maka semangat bersatu itu harus kita perbuat," ujar dia.

Yudi tak lupa mengingatkan agar masyarakat saling berbagi. Apalagi momentum hari lahir Pancasila ini juga bertepatan dengan Ramadan.

"Kedua di berbagai tempat, belahan-belahan mulai terjadi akibat perbedaan persepsi, ada kesenjangan sosial. Momen Idul Fitri selalu dianjurkan berbagi. Di moment Pancasila, kita ingin mengingatkan kembali momen berbagi, rasa berbagi," ucap Yudi.

"Bulan puasa bertautan dengan bulan Pancasila, biasanya kan di ujung bulan suci Ramadan, umat Islam berbagi zakat fitra, kita imbau tahun ini yang berbagi bukan hanya umat Islam tapi gerakan solidaritas ini juga dishare semangatnya umat-umat yang lain," sambung Yudi.


Yudi kemudian mencontohkan pengusaha besar bersilaturahmi dengan pengusaha kecil dan membahas kerja sama. Diharapkan ada kemitraan yang saling menguntungkan dan semua kalangan merasa sejahtera.

"Moment pancasila kita harapkan misalnya pengusaha-pengusaha besar datang, bertemu dengan pengusaha kecil. Apa yang bisa dimitrakan, apa yang bisa dikerjasamakan, agar semua menikmati berkah kehidupan kemerdekaan ini dalam rasa sejahtera bersama," tutur Yudi.

Yudi juga mengaitkan momen Hari Lahir Pancasila dengan Asian Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.

"Hanya dalam perkuat simbol persatuan, belas kasih, berbagi, kita bisa meraih prestasi, baik prestasi dalam arti mampu kejar cita-cita nasional, prestasi pelayanan kerja dan dalam rangka menyongsong Asian Games. Kita harapkan kalau situasi kebatinan kita ditandai dengan semangat kebersamaan dan berbagi, dapat menumbuhkan komitmen baru," terang Yudi.

"Latar belakang apapun atlet, kita sama-sama mengibarkan panji-panji pancasila, menularkan iklim positif saling percaya, mudah-mudahan bisa dorong atlet raih pretasi," ucap Yudi.


(aud/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed