Viral Pria Mirip Soeharto di Mata Keluarga Cendana

Aditya Mardiastuti, Erwin Dariyanto, Gibran Maulana Ibrahim, Erwin Dariyanto, Aditya Mardiastuti, Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 31 Mei 2018 22:21 WIB
Foto: Bapak mirip Soeharto (dok. Istimewa)
Jakarta - Viralnya foto pria mirip Presiden ke-2 RI Soeharto sampai ke telinga keluarga Cendana. Anak-anak Soeharto ikut kaget dan mengenang sosok sang ayah gara-gara foto itu.

Netizen ramai-ramai membahas sosok pria yang disebut mirip Soeharto itu sejak Rabu (30/5/2018). Dari foto, pria itu terlihat duduk seorang diri di kursi prioritas KRL.

Dia mengenakan jaket dan memakai topi berwarna hitam. Bapak itu duduk sambil memejamkan mata dan memangku tas hitamnya.


Putri sulung Soeharto, Siti Hardiyanti Indra Rukmana (Mbak Tutut) kaget ketika tahu ada foto mirip sang ayah yang viral di media sosial. Oleh seorang kolega dia ditunjukkan foto pria yang duduk di KRL itu.

"Iya mirip, hanya hidung dan mulut yang agak berbeda karena sedikit ke depan," kata Tutut dalam perbicangan melalui pesan pendek kepada detikcom.
Mbak Tutut / Mbak Tutut / Foto: Ari Saputra

Perbedaan lainnya, lanjut Tutut, terletak pada posisi duduk. "Posisi duduk tidak, Bapak (duduknya) tidak begitu," kata putri sulung Pak Harto tersebut.

Kekagetan yang sama juga datang dari anak keempat Soeharto, Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto. Titiek mengakui foto pria yang viral itu sangat mirip Soeharto.

"Ya mirip banget ya. Aku melihatnya mirip banget. Ya jadi ingat bapak. Kan orang itu kelihatannya sudah sepuh, mestinya dia sudah setiap hari naik KRL dan baru sekarang ada yang motret dan diviralkan, dan itu viral banget," kata Titiek di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/5/2018).
Titiek Soeharto / Titiek Soeharto / Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Menurut Titiek, masih banyak orang yang sayang kepada sosok almarhum Soeharto. Jika masyarakat tak menyukai Soeharto, Titiek yakin foto itu tak akan jadi viral.

"Kalau orang nggak suka Pak Harto, begitu dapat (foto viral), ah, delete aja. Tapi ini kan di-forward ke seluruh Tanah Air. Jadi ini buat kami lihatnya, wah, banyak yang rindu Pak Harto sampai foto orang yang mirip beliau diviralkan," ucap Titiek.

"Jadi ini buat kami tandanya ada kerinduan ke Pak Harto, gitu ya," tambah Titiek.

Sosok pria yang mirip Soeharto itu masih misterius. Meski demikian, keluarga Soeharto tidak akan mencarinya.

"Hikmahnya dengan viral itu menandakan kerinduan kepada Pak Harto dan hal ini kita meminta keikhlasan masyarakat menghadiahkan Al-Fatihah ke Pak Harto," sebut Titiek.

(imk/hri)