DetikNews
Kamis 31 Mei 2018, 15:34 WIB

Taufik Kurniawan: Istana yang Bolak-balik Atur Pertemuan Jokowi-Amien

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Taufik Kurniawan: Istana yang Bolak-balik Atur Pertemuan Jokowi-Amien Foto: Istimewa
Jakarta -

Wakil Ketua DPR yang juga Waketum PAN, Taufik Kurniawan, menegaskan bukan Amien Rais yang ngebet bertemu dengan Jokowi. Pihak Istana-lah yang bolak-balik ingin mengatur pertemuan Jokowi dan Amien Rais.

"Memang beberapa bulan terakhir ini ada beberapa utusan pihak pemerintah yang pengin bertemu, sudah di-arrange lama, tapi pertemuan tidak jadi berlanjut. Karena itu, saya sebagai orang dekat Pak Amien membantah juga, nggak ada istilahnya Pak Amien ingin bertemu dan saya bisa tunjukkan utusan Istana yang lewat saya bisa saya buka saja, saya punya datanya," kata Taufik saat berbincang dengan wartawan, Kamis (31/5/2018).

"Pertama kali memang dari pihak pemerintah, kalau Pak Amien sendiri sih nggak ada masalah, sama dengan Pak Jokowi juga nggak masalah. Bahkan melalui saya juga pernah, bahkan petinggi PDIP juga pernah meminta saya mengatur pertemuan dan saya nggak ada masalah, hanya saja pertemuan tertunda-tunda," imbuh Taufik.


Amien Rais, menurut Taufik, terbuka bertemu siapa pun. Namun Amien tak mau pertemuan itu menjadi fitnah. Karena itu, ia mengusulkan pertemuan empat mata di tempat netral.


"Jangan sampai menjadi fitnah pertemuan itu, pertemuannya terbuka, empat mata. Sungguhpun tidak menghasilkan kesepakatan apa-apa, tidak ada masalah. Yang jelas tak ada inisiatif pribadi Pak Amien untuk bertemu, tapi kalau bertemu terbuka, di tempat netral, jangan pula di Istana. Seolah-olah Amien Rais dapat apa kok seolah-olah jadi mendukung Istana," beber Taufik.

"Jadi pihak pemerintah bolak-balik mengusulkan, Pak Amien sampaikan kalau bertemu di rumah saya di Yogyakarta, ya sambil lalu, sambil mampir, atau di sekolah Pak Amien di Yogyakarta tidak ada masalah," sambungnya.


Taufik menyarankan, jika Istana masih mendorong pertemuan Presiden Jokowi dengan Amien Rais, langsung saja disampaikan ke Amien Rais. "Jangan sampai salah kamar, salah orang maksudnya. Pak Amien juga nggak ada problem," saran Taufik.

Kalau pertemuan dua tokoh ini jadi, Taufik mengingatkan, jangan sampai orang-orang di sekeliling Jokowi mengganggu. "Jangan sampai para hulubalang ini mengganggu, biarkan saja kedua tokoh ini bertemu empat mata. Kalau hulubalangnya saling memprovokasi, saling menyinggung, ya kan situasi menjadi tidak harmonis. Setahu saya Pak Amien terbuka banget mau ketemu di mana pun asal tidak di Istana," katanya.


(van/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed