Awal Mula Pohon Imitasi Dipasang di Trotoar Thamrin

Sahaya Anisa - detikNews
Kamis, 31 Mei 2018 14:26 WIB
Pohon imitasi dicopot dari trotoar di depan gedung Kemenpar, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus, Kamis (31/5/2018) Foto: Sahaya Anisa-detikcom
Jakarta - Pohon imitasi yang dilengkapi lampu ternyata sengaja dipasang di trotoar untuk menyambut HUT DKI Jakarta. Tapi karena protes bermunculan, pohon warna-warni itu dicopot.

"Ini kan menyambut ultah DKI, seminggu sebelumnya kami semarakkan," kata Kepala Suku Dinas Perindustrian Energi (Sudin PE) Jakarta Pusat Iswandi ditemui di depan gedung Kemenpar, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).

Pohon imitasi dipasang pada Senin (28/5). Ada 48 pohon imitasi warna-warni dipasang di sejumlah titik di jalur Sudirman-MH Thamrin.




Namun belakangan muncul protes. Banyak aduan yang menyebut pejalan kaki terganggu dengan pohon yang dipasang di trotoar sempit.

"Setelah kami pasang memang ada titik-titik lokasi yang mengganggu orang lewat memang," ujarnya.




Tanggapan bernada protes sampai ke gubernur Anies Baswedan. Tim gubernur menurut Iswandi juga langsung berkomunikasi dengan dirinya.

"Nanti saya akan atur lagi penempatannya. Mungkin tidak lagi di pedestrian, mungkin lebih kepada spot-spot lampu yang di taman seperti ini," kata Iswandi. (fdn/imk)