DetikNews
Kamis 31 Mei 2018, 11:07 WIB

Sandi akan Pakai Alat Pengolah Tinja Bersihkan Kali Item Kemayoran

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sandi akan Pakai Alat Pengolah Tinja Bersihkan Kali Item Kemayoran Foto: Pengolahan limbah tinja di PD PAl Jaya. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan menggunakan alat pengolah limbah tinja milik PD PAL Jaya untuk membersihkan Kali Item di Kemayoran. Sandiaga ingin kali yang mengelilingi Wisma Atlet tersebut menjadi bersih sebelum Asian Games.

"Pengolahan air limbah sungai sekarang yang sungai, Kali Item sekarang atas instruksi Pak Wapres salah satunya. Kita akan mencoba sistem yang diperkenalkan oleh PT MJH," kata Sandiaga di kantor BPS DKI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (31/5/2018).


Sandiaga ingin area sekitar kali yang akan digunakan sebagai tempat makan malam atlet dapat segera jernih dengan alat tersebut. Dia menargetkan alat itu dapat mulai digunakan bulan Juli mendatang.

"Targetnya dalam satu bulan ini kita selesaikan, hasil uji coba mesinnya ini cukup bagus ya. Kita berharap hasilnya cukup bagus," terangnya.

Sandiaga belum mengetahui nilai pengadaan alat tersebut. Tapi, dia mengklaim alatnya 30 persen lebih murah dari alat pengolah limbah serupa lainnya.

"Nilai pengadaannya sekarang lagi diverifikasi, totalnya itu 30 persen lebih murah dari teknologi yang ada sekarang," tuturnya.


Sebelumnya, Sandiaga mengatakan alat yang dinamakan PAL-Andrich Tech System merupakan teknologi pengolahan limbah tinja pertama di Tanah Air. Alat ini memiliki keistimewaan dari alat pengolahan tinja lainnya.

"Ini pertama kali, dan air tinja yang diolah oleh PD PAL Jaya biasanya dilakukan suatu proses dan butuh waktu 7 hari untuk menjadi air buangan. Ini hanya setengah jam sudah bisa diutilitas, buat menyiram bunga dan toilet," kata Sandiaga dalam sambutannya saat meresmikan PAL-Andrich Tech System di Duri Kosambi, Jakarta Barat, Rabu (23/5).


(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed