DetikNews
Kamis 31 Mei 2018, 08:28 WIB

Biar Tak Gaduh, Prabowo Bisa Jadi Fasilitator Pertemuan Amien-Jokowi

Indra Komara - detikNews
Biar Tak Gaduh, Prabowo Bisa Jadi Fasilitator Pertemuan Amien-Jokowi Foto: Uje Hartono/detikcom
Jakarta - Pertemuan antara Amien Rais dengan Presiden Jokowi disarankan tidak berlangsung di kediaman Mantan Ketua MPR RI itu atau di Istana. Bahkan, jika terealisasi, pertemuan itu harus difasilitasi agar tak timbul kegaduhan.

"Kalau menurut saya pertemuan Amien Rais dan Jokowi tidak dilakukan di tempat Amien Rais maupun di Istana, di tengah saja. Di tengah kan bisa saja difasilitasi oleh beberapa tokoh. Misal difasilitasi Gus Mus, atau difasilitasi AA Gym misalnya. Atau difasilitasi tokoh yang lain, kan Amien Rais dekat dengan Pak Prabowo, Pak Jokowi juga dekat dengan Pak Prabowo, bisa juga difasilitasi pak Prabowo, itu akan lebih baik dan tidak menimbulkan kegaduhan menurut saya," ujar Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio saat dihubungi detikcom, Rabu (30/5/2018).

Menurut Hendri, upaya Amien Rais mengundang Jokowi ke rumahnya juga memiliki positif-negatif. Jika Jokowi menolak undangan Amien, positifnya adalah Jokowi dinilai menjaga dukungan. Jokowi dianggap menjaga dukungan para pendukungnya yang tidak terlalu solid terhadap Amien Rais.

"Negatifnya juga ada, kan pak Jokowi kan seharusnya bisa menghormati tokoh bangsa, apalagi pak Jokowi juga jadi presiden karena reformasi, which is, salah satu tokohnya adalah Amien Rais," paparnya.

Sementara itu, apabila Jokowi menerima undangan Amien, positifnya yakni Jokowi, kata Hendri bisa dipandang masyarakat sebagai seorang pemimpin yang rendah hati, yang mau mendatangi rakyatnya, pemimpin yang besar hati dan kepala dingin.

"Lebih banyak positifnya," katanya.

Lebih lanjut, sisi negatifnya kalau Jokowi mengiyakan undangan Amien adalah akan banyak tokoh yang ingin didatangi Presiden. Meski demikian, Jokowi diminta untuk menjaga marwahnya sebagai Presiden.

"Selain Amien Rais tokoh yang lain di indonesia kan juga banyak, nanti yang lain minta ketemu. Kemudian harusnya pak Jokowi juga harusnya bisa menjaga marwah kepresidenan kan, pasti kan buat rakyat yang lain kalau diundang beliau kan memanjakan," tuturnya.


Ini video tentang "Serangan Teranyar Amien Rais untuk Jokowi"
(idn/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed