ADVERTISEMENT

Tanya Jawab Islam

Jurus Menghalau Iman yang Naik Turun

Tim detikRamadan - detikNews
Selasa, 29 Mei 2018 22:16 WIB
Jakarta - Iman pada diri seorang muslim, diibaratkan seperti naik turunnya gelombang ombak di lautan. Kadang ombak itu menggunung, namun ada kalanya ombak itu bergerak landai.

Sebagai seorang muslim, tentu kita menyimpan harapan agar iman bisa stabil dalam setiap kondisi dan situasi. Sayangnya, kenyataannya tidak demikian. Lantas, bagaimana kita mengatasinya?

Terkait persoalan ini, Hj. Badriyah Fayumi, MA, menjelaskan bahwa iman manusia memang akan naik turun. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW:

'Al iman yazid wa yanqush.' Iman itu bisa naik dan bisa juga turun.

Namun Nabi Muhammad juga memberikan contoh teladan agar kita bisa teguh dan konsisten dalam keimanan, serta istiqomah dalam beribadah.



Yang pertama, dikatakan pengasuh Pondok Pesantren Mahasina, Bekasi, Jawa Barat ini, kita harus menyadari bahwa ibadah yang kita lakukan adalah bagian dari wujud syukur kita kepada Allah SWT.

"Allah sudah memberikan kita segala macam, gratis. Itu berapa kalau kita kuantifikasi. Jadi bentuk syukur kita adalah dengan beribadah dan terus menjaga iman kita. Jadi munculkan rasa syukur iman dan ibadah sebagai wujud syukur kita," tuturnya.

Yang kedua, kita harus sadari bahwa ibadah itu bukan kebutuhan Allah, melainkan untuk manusia itu sendiri, memenuhi kebutuhan spiritual dan rohaninya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dipenuhi melalui iman yang kokoh dan ibadah yang baik.

Ketiga, sadari bahwa dengan iman, dengan beribadah yang baik dan istiqamah, manfaatnya adalah bagi diri sendiri, antara lain diri menjadi tenang, tenteram, dan damai.

"Kalau tiga hal ini sudah dicamkan, tinggal dua lagi. Kalahkan rasa malas, karena itu musuh yang terbesar dari dalam diri. Dan kita mohon supaya rasa malas kita diangkat oleh Allah, iman kita ditetapkan, terus kita berdoa kepada Allah, agar Allah senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya," urainya.



Ada dua doa pendek yang mudah dihafal untuk menghalau iman yang naik turun. Berikut doanya:

1. Ya muqallibal qulub tsabbit qalbi 'ala dinika wa 'ala tha'atika

Wahai dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku atas agama-Mu dan untuk senantiasa berbuat taat kepada-Mu.

2. Allahumma a'inna 'ala dzikrika wa syukrika wa husni 'ibadatika

Ya Allah, tolonglah kami untuk berzikir kepada-Mu dan bersyukur kepada-Mu, dan beribadah sebaik-baiknya kepada-Mu.

"Nah, Insya Allah ini doa pendek mudah dihafal. Semoga Allah berikan ketetapan di hati, iman dan juga ketaatan, dan keistiqamahan kita dalam beribadah," tutup Badriyah.


Tonton sketsa berikut untuk menyimak paparan lengkapnya:




Saksikan program Tanya Jawab Islam, setiap hari pukul 17:35 WIB selama Ramadan di detikcom.




Tonton juga video spesial Ramadan lainnya tentang mengaji berikut ini:


(rns/rns)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT