detikNews
Selasa 29 Mei 2018, 14:58 WIB

Waisak 2018 Diharapkan Jadi Momen Tingkatkan Keharmonisan Bangsa

Dwi Andayani - detikNews
Waisak 2018 Diharapkan Jadi Momen Tingkatkan Keharmonisan Bangsa Biksu Nyanabhadra memberikan keterangan soal perayaan waisak 2018 (Foto: Dwi Andayani/ detikcom)
Jakarta - Wihara Ekayana Arama menjadi salah satu lokasi perayaan Hari Raya Waisak 2562 BE/2018. Umat Buddha diingatkan berikan kontribusi bagi keharmonisan.

"Kita mengadakan perayaan Waisak, dengan tema harmoni dalam kebhinekaan kebangsaan jadi kita merasa harmoni penting sekali dalam kehidupan berbangsa dan kami merasa punya kewajiban untuk ikut memberikan kontribusi bagi keharmonisan," ujar Monastik Ekayana Arama, Biksu Nyanabhadra, di Wihara Ekayana Arama, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (29/5/2018).


Ia mengatakan keharmonisan menjadi hal penting dalam membuat kekuatan besar. Menurutnya perayaan Waisak kali ini mengedepankan pentingnya keharmonisan bersama.

"Jadi menurut kami keharmonisan paling penting bagi kebhinekaan. Karena Indonesia banyak suku, kita beranekaragam. Persatuan inilah yang akan berkekuatan besar," ujar Nyanabhadra.

"Melalui perayaan Waisak ini kita ingin benar-benar mengetengahkan keharmonisan bersama," sambungnya.


Wihara Ekayana Arama telah melakukan berbagai kegiatan sebelum pelaksanaan Waisak dimulai. Antara lain mengadakan bakti sosial dengan berkunjung ke panti asuhan, membersihkan wihara, melakukan kegiatan spiritual hingga meditasi.

Ia mengatakan kegiatan juga dilakukan dengan cara mengelilingi tempat suci. Diharapkan nantinya dapat timbul kesadaran dan kewaspadaan pada diri masing-masing.

"Mengelilingi tempat-tempat suci dengan demikian timbulkan kesadaran kewaspadaan pada diri kita yang kita sebut sebagai benih Buddha, dan saya pikir benih ini sangat penting," tuturnya.

Dalam perayaan Waisak kali ini ia juga mengatakan seluruh umat Buddha mendokan Indonesia. Hal ini bertujuan agar Indonesia menjadi damai dan tentram.

"Kita seluruh berkumpul mendoakan agara Indonesia damai tentram, sejahtera dan membawa kedamaian di tengah masyarakat," ujarnya.




'Bak Lebaran, Muslim di Semarang Datangi Wihara Ucapkan Waisak', tonton video selengkapnya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com