Fantastis! 18 Tahun Jadi Hakim Agung, Artidjo Tak Pernah Cuti

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 29 Mei 2018 11:13 WIB
Artidjo Alkostar (ari/detikcom)
Jakarta - Awalnya mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) Busyro Muqoddas meragukan Artidjo Alkostar menjadi hakim agung. Sebab, Artidjo muda merupakan aktivis jalanan yang tidak betah di kantor. Namun waktu membuktikan sebaliknya.

Selama 18 tahun menjadi hakim agung, dari September 2000 hingga 22 Mei 2018, ia selalu masuk kantor dan tidak pernah mengajukan izin.

"Saya bekerja itu ikhlas. Jadi kalau ikhlas akan menjadi nutrisi kesehatan. Tapi kalau bekerja tidak ikhlas akan menjadi ria. Racun dalam tubuh kita. Jadi semua tergantung kepada niatnya," kata Artidjo dalam buku 'Alkostar, Sebuah Biografi' di halaman 200 yang dikutip detikcom, Selasa (29/5/2018).


Artidjo pernah 9 bulan tidak masuk kantor karena mendapat beasiswa short course di Amerika Serikat. Karena ia merasa tak bekerja, Artidjo menolak menerima gaji. Setelah itu, Artidjo selalu ngantor. Pulang pun ia membawa berkas perkara berkoper-koper dan dipelajari lagi di apartemennya. Selaku Ketua Muda MA, Artidjo menghindari bepergian ke luar negeri bila tidak ada keperluan penting.

"Saya merasa menyatu dengan hati dan untuk menyelesaikan pekerjaan ini," ujarnya.

Sopir Artidjo, Ari, mengamini pengakuan Artidjo. Saking sibuk bekerja, Artidjo tidak sempat menjalani check up. Penyakit yang pernah dideritanya hanya sakit gigi.


Kesibukan Artidjo selama 18 tahun membuat Todung Mulya Lubis menyarankan saatnya Artidjo menikmati hidup setelah pensiun.

"Menurut saya, sudah waktunya untuk mengalokasikan jalan ke Australia, misalnya. Jalan ke China, ke Norwegia, misalnya. Dan menyaksikan konser piano, konser simponi, dan sebagainya. Itu harus mulai dia lakukan. Hidupnya mesti lebih diwarnai oleh kesenian, kebudayaan, dan olahraga. Kalau mungkin itu dia lakukan, mungkin dia akan tampil lebih manusiawi," ujar Todung di halaman 213.



Simak juga video "Pensiun, Artidjo Sang 'Algojo Koruptor' Kembali Jadi Orang Desa" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(asp/rna)