DetikNews
Selasa 29 Mei 2018, 06:32 WIB

Kepedulian Netizen di Balik Viralnya Bocah Alif di Tangerang

Indah Mutiara Kami - detikNews
Kepedulian Netizen di Balik Viralnya Bocah Alif di Tangerang Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom
Tangerang - Kekuatan media sosial terbukti lewat kisah bocah bernama Alif Hidayat di Tangerang. Berkat unggahan yang viral, banyak hati orang yang terketuk untuk membantu Alif yang tadinya hanya makan dengan nasi-garam.

Cerita tentang Alif berawal dari unggahan seseorang di aplikasi percakapan yang bertemu dengan bocah berusia 5 tahun ini di KRL. Dari percakapan mereka, Alif diketahui yatim piatu dan tinggal bersama neneknya di Tanah Gocap, Tangerang.

Alif yang puasa setengah hari hanya sahur dengan nasi dan garam serta berbuka dengan air putih karena tak punya uang. Meski demikian, Alif tetap ceria dan semangat sambil mengidamkan ayam kecap dan susu kotak.

Cerita dan foto-foto Alif kemudian dibagikan ulang oleh netizen lain ke Instagram dan Twitter hingga jadi viral. Banyak pengguna media sosial yang terenyuh membaca kisah Alif dan ingin membantunya.

Masifnya reaksi netizen untuk membantu Alif berujung pada dibuatnya laman kitabisa.com untuk donasi bagi bocah ini. Hingga Senin (28/5/2018) pukul 18.00 WIB, sudah terkumpul donasi lebih dari Rp 41 juta. Jumlah ini jauh lebih banyak daripada target Rp 20 juta.

Kepedulian pengguna media sosial itu disyukuri betul oleh nenek Alif, Heni. Heni mengatakan banyak orang yang datang ke rumah yang ditinggali Alif untuk memberi bantuan, termasuk para mahasiswa.

"Kemarin-kemarin itu banyak pada dateng. (Alif) seneng banget, duh cerianya. Dia bilang 'kakak jangan pulang dulu'. Terus dia foto-foto, udah kayak lebaran. (Mereka) ngasih beras buat Alif untuk makan," ujar Heni saat ditemui detikcom di rumahnya, Tangerang, Senin (28/5/2018).

Ada yang memberi bantuan secara pribadi, ada juga yang menggalang donasi bersama komunitas lalu menyerahkannya ke Alif. Berkat kepedulian netizen, Alif kini bisa mencicipi ayam kecap dan minum susu kotak impiannya.

"Enak, kaya kecap. Susunya banyak banget, aku minum terus sampai kekenyangan," ucap bocah berusia 5 tahun ini.

Dinas Sosial (Dinsos) Tangerang juga akhirnya bergerak membantu Alif dengan mengirimkan tim. Tim yang diterjunkan ke rumah Alif membawa bantuan dari Dinas Sosial Kota Tangerang, seperti buku tulis, air, dan beras. Bantuan tersebut dibawa oleh Staf Dinas Sosial Kota Tangerang sore ini juga begitu kabar mengenai Alif diterima.

"Belum ada laporan (apakah sudah berhasil bertemu dengan Alif atau belum). Karena kan baru tadi sore dapet beritanya. Itu tadi langsung saya kerahkan ke sana," kata Kepala Dinsos Tangerang, Masyati saat dihubungi detikcom.
(imk/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed