DetikNews
Senin 28 Mei 2018, 23:46 WIB

Pengajian di UMS, Amien Rais Bicara Registrasi SIM Card untuk Pemilu

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Pengajian di UMS, Amien Rais Bicara Registrasi SIM Card untuk Pemilu Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Sukoharjo - Amien Rais menjadi pengisi ceramah di Masjid Hj Sudalmiyah Rais Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kartasura, Sukoharjo. Di sela-sela ceramahnya, Amien berbicara tentang kebijakan registrasi kartu SIM ponsel.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional itu menilai ada unsur politik dalam kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut. Dia menuding registrasi kartu SIM digunakan untuk kepentingan Pilpres 2019.

"Ini sesuatu yang luar biasa, lewat pendaftaran kembali yang punya HP harus menunjukkan KTP, KK. Ujungnya untuk manipulasi pemilu," kata Amien, Senin (28/5/2018).

"Akan dibuat IT yang software-nya dibuat apa pun yang masuk, yang menang adalah yang di-oke oleh orang satu itu," lanjut dia.

Seusai pengajian, wartawan meminta konfirmasi soal registrasi kartu SIM, tetapi Amien justru membahas hal lain. Dia bicara mengenai kejadian penemuan e-KTP belakangan ini.

"Seperti e-KTP itu yang ditemukan, dan itu otentik, bukan buatan. Kalau dibongkar betul, pasti nggak disangka sampai ke pusat kekuasaan," ujar Amien.

Dia berharap agar kasus tersebut dapat segera terungkap. Tokoh Muhammadiyah itu khawatir demokrasi di Indonesia akan tidak berfungsi.

"Kalau dibiarkan, rezim ini bisa semau gue. Lama-lama rakyat takut, bungkam, akhirnya masuk suatu zaman yang tidak ada gunanya ada demokrasi, pemilu," katanya.



Saksikan juga video pernyataan Amien Rais yang sebut naiknya nilai dolar akibat dari 'Jokowi Effect' berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]


(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed