Matahari Tepat di Atas Kakbah, Kemenag Ajak Cek Arah Kiblat

Indah Mutiara Kami - detikNews
Minggu, 27 Mei 2018 14:32 WIB
Foto: Twitter Kemenag
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) mengajak umat Islam di Indonesia untuk mengecek kembali arah kiblat. Sore ini, matahari berada tepat di atas Kakbah.

Ajakan itu disampaikan lewat akun Twitter resmi Kemenag, Minggu (27/5/2018).

"Saudaraku umat Islam seluruh Indonesia, ayo saatnya kita kalibrasi kembali arah Kiblat kita. Sore ini pukul 16.18 WIB, matahari berada tepat di atas Kabah, artinya seluruh bayangan matahari dari benda tegak lurus, menunjukkan arah Kiblat," tulis akun Twitter Kemenag.



Menag Lukman Hakim Saifuddin juga memberi ajakan yang sama. "Ayooo.. Kesempatan langka," tulis Lukman di Twitter.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Juraidi menjelaskan matahari melintas tepat di atas Kakbah pada 11-12 Ramadan atau 27-28 Mei 2018. Saat itulah menjadi waktu yang tepat untuk mengatur ulang atau mengkalibrasi arah kiblat.



Peristiwa matahari melintas tepat di atas Kakbah dikenal juga dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah. Bayangan benda yang terkena sinar matahari akan menunjukkan arah kiblat.

Menurut Juraidi, momen ini tepat untuk mengkalibrasi kembali arah kiblat. Hanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan kalibrasi, berikut ini di antaranya:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul.
2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata.
3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom. (imk/jor)