DetikNews
Minggu 27 Mei 2018, 11:22 WIB

Cerita Warga Awal Kebakaran di Bidara Cina yang Hanguskan 40 Rumah

Carlo Venansius Homba - detikNews
Cerita Warga Awal Kebakaran di Bidara Cina yang Hanguskan 40 Rumah Foto: Carlo Venansius Homba - detikcom
Jakarta - Kebakaran di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur menghanguskan 40 rumah. Seperti apa awal kebakaran itu terjadi?

Siahaan (69), merupakan tetangga sebelah rumah milik Muahana (60) yang menjadi sumber kebakaran, Jl Kebun Sayur 2, Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur. Dia mengatakan, api diduga berasal dari tabung gas yang bocor.

"Tabung gas 3 kilogram di dapur bocor, terus ada. Tabung gasnya kemudian dibawa ke ruang depan. Nah, di ruang depan itu ada kasur dan banyak sapu, api langsung menyambar kasur dan sapu itu," kata Siahaan di lokasi kejadian, Minggu (27/5/2018).

Siaahan yang sedang berada di luar rumah saat itu melihat ada asap dan mencium aroma terbakar. Dia lantas masuk ke rumah Muahana dan meihat api sudah membakar ruangan rumah.

"Saya langsung dobrak pintu rumahnya dan tarik kasur yang terbakar. Dan kebetulan ada orag yang tidur di lantai itu. Saya tarik kasurnya ke luar. Saya lalu ambil ember dan air lalu siram yang terbakar," katanya.

Siahaan menyayangkan lambatnya respons pemilik rumah atas kejadian itu. "Nah begitu ada api, saya bantuin dulu. Tapi orangnya (pemilik rumah-red) nggak teriak juga. Mungkin kalau teriak, orang-orang bisa datang membantu," katanya.

Sementara itu, Liner Herlina (65) istri Siahaan menambahkan, warga lainnya kemudian keluar rumah. Kepanikan pun terjadi.

"Warga keluar rumah, teriak-teriak minta tolong," kata Herlina.

Setelah Dinas Pemadam Kebakaran tiba, dibantu dengan warga, sekitar pukul 05.30 WIB api berhasil dipadamkan. Total ada 40 rumah yang terbakar.

Sementara itu, tiga orang pemilik rumah yang menjadi awal kebakaran dilarikan ke rumah sakit. Ketiganya diketahui mengalami luka bakar.
(jor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed