DetikNews
Sabtu 26 Mei 2018, 12:48 WIB

Gigitan Kuat Tokek yang Matikan Ular dan Mitos Suara Petir

Niken Purnamasari - detikNews
Gigitan Kuat Tokek yang Matikan Ular dan Mitos Suara Petir Foto: Duel sengit tokek versus ular di Bali (Ig. Pinsianart)
Jakarta - Seekor tokek berhasil mengalahkan ular hijau berbisa dalam duel sengit. Tokek begitu lama menggigit ular tersebut hingga akhirnya mati. Dari situ, muncul mitos soal gigitan tokek yang berhubungan dengan suara petir. Apa betul?

Mitos yang berkembang di masyarakat menyebut tokek tidak akan melepas gigitan kepada mangsanya hingga ada suara petir menyambar. Hal itulah yang dikaitkan netizen dengan duel sengit tokek versus ular hijau di Desa Tenganan, Dauh Tukad, Karangasem, Bali.


Peneliti biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Helen Kurniati menjelaskan tokek melepas gigitan karena suara petir hanyalah mitos.

Dari pengalaman Helen, tokek baru akan melepaskan gigitan jika mangsa bersikap tidak agresif. Apabila sebaliknya, tokek malah akan menambah kekuatan gigitan.


Tonton duel tokek versus ular dalam 'Kejadian Mengejutkan di Bali, Tokek Taklukkan Ular Viper'

[Gambas:Video 20detik]



"Itu hanya mitos (tokek dengan suara petir). Pengalaman saya, kita elus-elus bagian bawah kepala (tokek). Pelan-pelan dan nanti akan dibuka mulutnya. Cuma, kalau gerak terus, dia makin kuat punya gigitan," ujar Helen kepada detikcom, Sabtu (26/5/2018).



"Jadi harus tenang. Dia merasa nyaman, baru dibuka mulutnya," imbuhnya.

Melihat duel sengit yang terjadi antara tokek dan ular, Helen menyebut ular itu bergerak agresif. Karena itu, gigitan tokek makin kuat hingga akhirnya mengalahkan si ular berbisa.

"Tokek kan kuat rahangnya. Ya kalau ular kan agresif, makin kuat dia punya gigitan. Ular menyerang, panik itu ular, makin kuat juga gigitan tokek," kata Helen.
(nkn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed