DetikNews
Sabtu 26 Mei 2018, 10:19 WIB

Ini Penyebabnya Ular Berbisa Dikalahkan Tokek di Duel Sengit

Niken Purnamasari - detikNews
Ini Penyebabnya Ular Berbisa Dikalahkan Tokek di Duel Sengit Foto: Duel Sengit Tokek Vs Ular di Bali (Ig. Pinsianart)
Karangasem - Seekor tokek berhasil mengalahkan ular hijau dalam pertarungan yang sengit di Desa Tenganan, Dauh Tukad, Karangasem, Bali. Padahal ular tersebut tergolong dalam jenis yang berbisa. Kenapa ular tersebut bisa dikalahkan?

Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI, Amir Hamidy mengatakan hal tersebut bisa saja terjadi. Dilihat dari video, posisi kepala ular sudah berada di dalam mulut tokek.


Tonton videonya dalam 'Kejadian Mengejutkan di Bali, Tokek Taklukkan Ular Viper'

[Gambas:Video 20detik]


Amir menyebut pada saat itu bisa yang ada di kepala ular sudah dilumpuhkan oleh gigitan maut tokek. Sebab, tokek punya rahang yang kuat.

"Ini sebetulnya si ularnya berhasil digigit tokek . Ularnya lebih kalah duluan. Tokek punya kekuatan rahang yang kuat dan kepala besar. Ular kan kalau makan mesti dari kepala dulu. Nah biasanya kalau seperti itu dari kepala harus ditaklukkan," ujar Amir kepada detikcom, Sabtu (26/5/2018).

"Tokek itu senjatanya di kepala. Jadi gigitannya (tokek) ini lebih cepat duluan dan ularnya dimangsa," lanjutnya.

Baik ular maupun tokek, lanjut Amir, merupakan binatang predator yang memangsa sasaran yang bergerak. Sebab itu duel sengit pun terjadi.



Duel ular hijau vs tokek itu diunggah oleh I Putu Pingki Sinanta di akun Instagramnya @Pinsianart. Pingki menuliskan 'Balas Dendam Maut Seekor Tokek' dalam keterangan videonya.

"Selama berjam-jam si ular terus meronta-ronta seperti berusaha melilit dan melepaskan diri dari terkaman si tokek. Namun, cengkeraman mulut tokek cukup kuat, tiap kali ular meronta-ronta si tokek langsung mengguncang-guncang tubuhnya sehingga makin lama tubuh ular itu lemas tak berdaya," kata Pingki lewat chat Instagram.
(nkn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed