DetikNews
Sabtu 26 Mei 2018, 09:40 WIB

PAN: Berterima Kasih Itu Baik, Jokowi Tak Perlu Salahkan SBY

Aditya Mardiastuti - detikNews
PAN: Berterima Kasih Itu Baik, Jokowi Tak Perlu Salahkan SBY Waketum PAN Viva Yoga Mauladi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden ke-6 RI karena mencanangkan pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. PAN menyebut ucapan terima kasih itu baik dan arif.

"Jika seorang presiden mengucapkan terima kasih kepada siapa saja yang telah berjasa dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa, hal itu adalah sikap yang baik dan arif. Tidak usah ditafsirkan negatif," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi lewat pesan singkat, Sabtu (26/5/2018).


Viva menyebut sejumlah proyek infrastruktur dan program pemerintah saat ini merupakan program dari proyek pemerintahan sebelumnya. Kesinambungan merupakan kunci suksesnya program pemerintahan.

"Beberapa proyek infrastruktur dan program pemerintah lainnya adalah melanjutkan proyek pemerintah yang belum selesai. Kesinambungan program adalah bentuk prestasi bagi pemerintah terdahulu dan sekarang," jelasnya.


Viva mengatakan jika pemerintahan Jokowi saat ini melakukan koreksi kebijakan, tak perlu menyalahkan kebijakan pemerintah sebelumnya. Sebab, banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan program tersebut.

"Tetapi jika pemerintah sekarang melakukan koreksi kebijakan, tidaklah harus menyalahkan pemerintah sebelumnya. Karena kondisi sosial, ekonomi, dan faktor lainnya pasti mengalami perubahan. Maka pemerintah sekarang juga merubah kebijakan. Sesuatu yang wajar," urai Viva.


Dia pun mengimbau Jokowi tetap mawas diri alias introspeksi terkait penuntasan program dan janji kampanye yang disampaikan. Viva mengingatkan masih ada sejumlah program yang belum terealisasi.

"Tetapi jika ada keberhasilan dalam realisasi proyek, pemerintah sebaiknya mawas diri, karena dari rencana proyek, berapa yang sudah direalisasikan sesuai janji kampanye presiden, dan berapa janji yang belum tertunaikan," terangnya.


(ams/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed