DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 17:28 WIB

Semangat Puasa, Mahasiswa Indonesia Ramaikan Buka Bersama di KBRI Beirut

Rachmatunnisa - detikNews
Semangat Puasa, Mahasiswa Indonesia Ramaikan Buka Bersama di KBRI Beirut Foto: KBRI Beirut
Jakarta - Ramadan di Libanon tahun ini bertepatan dengan akhir musim semi. Waktu puasa menjadi cukup panjang yakni sekitar 16 jam, dengan suhu sekitar 35 derajat Celcius. Namun Hal tersebut tidak menyurutkan semangat warga negara Indonesia (WNI) di sana untuk menjalankan rukun Islam tersebut.

Melanjutkan tradisi di bulan Ramadan, KBRI Beirut menggelar acara berbuka puasa dan tarawih bersama dengan WNI di Libanon. Mereka yang datang, sebagian besar adalah mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Tripoli dan Akkar.

"Di luar hari Ramadan kita makan tiga kali sehari baru merasa kenyang, di bulan Ramadan makan dua kali sehari atau bahkan sekali saja sudah cukup. Itu artinya apa? Jangan-jangan kita memberi makan hawa nafsu kita," jelas Pelaksana Fungsi Politik KBRI Beirut M. Nur Salim, saat mengisi ceramah di acara tersebut.

Semangat Puasa, Mahasiswa Indonesia Ramaikan Buka Bersama di KBRI BeirutCeramah ustaz M. Nur Salim. Foto: KBRI Beirut


Kegiatan mingguan ini selain menjadi forum silaturahmi, juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk bisa mempraktekkan ilmunya. Pasalnya, sebagian dari mereka bertugas menjadi imam, penceramah dan bilal pada kegiatan tarawih bersama.

Hal ini merupakan bagian dari program pembinaan masyarakat KBRI Beirut. Tentu, sebagai mahasiswa yang sedang merantau, peserta acara sangat senang dengan acara ini.

Semangat Puasa, Mahasiswa Indonesia Ramaikan Buka Bersama di KBRI BeirutFoto: KBRI Beirut


Karena, selain menjaga silaturahmi di antara yang sama-sama berada jauh dari keluarga di Indonesia, para mahasiswa ikut menikmati hidangan khas Indonesia yang disajikan tim buka bersama KBRI Beirut.

Semangat Puasa, Mahasiswa Indonesia Ramaikan Buka Bersama di KBRI BeirutFoto: KBRI Beirut


Dubes RI untuk Libanon, Achmad Chozin Chumaidy selalu mengingatkan, bahwa dengan saling silaturahmi, sesama warga Indonesia bisa saling mengingatkan dalam kebaikan.

"Mahasiswa yang sedang belajar, nanti bisa termotivasi untuk menyelesaikan studinya lebih cepat di kampus," tutupnya.
(rns/rns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed