DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 17:23 WIB

Nilai Rata-rata UN SMP di DKI Menurun, Ini Respons Anies

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Nilai Rata-rata UN SMP di DKI Menurun, Ini Respons Anies Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Nilai rata-rata ujian nasional (UN) SMP di seluruh Indonesia turun, termasuk di DKI Jakarta. Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta orang tua tidak menganggap UN sebagai satu-satunya faktor keberhasilan belajar.

"Nanti saya cek (nilai UN), tapi gini, kalau soal nilai kita perlu memastikan bahwa kinerja pendidikan aspeknya banyak. Salah satunya UN. Tapi bukan satu-satunya," kata Anies di Kembangan, Jakarta Barat, Jumat (25/5/2018).


Anies, yang juga mantan Mendikbud, mengatakan kriteria keberhasilan pendidikan harus diukur secara lebih jauh. Menurutnya, belajar adalah dengan mengembangkan semua potensi, tidak hanya berdasarkan nilai akademik.

"Saya sampaikan berkali-kali jangan sampai orang tua, anak-anak jangan sampai belajar hanya untuk mendapatkan nilai UN yang tinggi," jelasnya.

"Karena belajar itu untuk mengembangkan semua potensi. Nanti kalau tidak, belajar hanya untuk menjawab soal ujian. Padahal hidup nanti memerlukan bekal lebih," imbuhnya.


Sementara itu, Wakil Kepala Disdik DKI Bowo Irianto mengakui ada penurunan nilai UN SMP. Hasil tersebut mengacu pada data yang telah disampaikan oleh Kemendikbud.

"Menurut Mendikbud secara nasional ya," ujar Bowo saat dimintai konfirmasi terpisah.

Meski mengalami penurunan, kata Bowo, siswa DKI meraih nilai tertinggi dalam UN SMP tahun ini. Nilai tertinggi diraih oleh Indy Alfia Bilqis dari SMP Negeri 252 Jakarta.
(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed