DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 16:54 WIB

500 Personel Satpol PP akan Amankan Tarawih 26 Mei di Istiqlal

Indra Komara - detikNews
500 Personel Satpol PP akan Amankan Tarawih 26 Mei di Istiqlal Kasatpol PP DKI Yani Wahyu (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Ratusan personel Satpol PP akan membantu pengamanan tarawih di Masjid Istiqlal pada 26 Mei besok. Pengamanan ratusan personel itu akan dibagi dua, di Monas dan Istiqlal.

"Sekitar 500 kita bagi dua, 300 di kawasan Istiqlal pertama di pintu utama dan di pintu-pintu pendukung. Ada 7 pintu. Selain di 7 pintu di sekitar halaman, di dalam juga pengamanan, 300 sekitar Istiqlal, 200 di Monas," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta Yani Wahyu di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (25/5/2018).

Personel Satpol PP juga akan diperbantukan untuk mengurai lalu lintas di sekitar Istiqlal membantu anggota Dinas Perhubungan (Dishub) DKI. Selain itu, kata Yani, akan ada 10 bus yang beriringan dari Balai Kota ke Masjid Istiqlal sehingga dia juga mengerahkan 50 personel Satpol PP di Balai Kota.

"Kawasan Balkot juga kita taruh 50 orang. Rencana ada 10 bus yang akan setelah buka puasa langsung ke Istiqlal," kata Andri.


Sebelumnya, Pemprov DKI memastikan akan mengantisipasi membeludaknya lalu lintas menjelang salat tarawih bersama warga di Masjid Istiqlal. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak ada persiapan khusus dalam kegiatan tersebut.

"(Persiapan) tidak ada yang khusus. Ini kegiatan tarawih biasa. Warga kami datang juga kami yakin datang juga dengan niat untuk salat tarawih sama-sama. Jadi pengaturannya lebih kepada pengaturan lalu lintasnya. Bukan pada aspek keamanannya," jelas Anies di Kembangan, Jakarta Barat.

Anies mengatakan Pemprov DKI mengundang semua warga dari seluruh Jakarta, termasuk warga Kepulauan Seribu, untuk ikut bergabung dalam salat tarawih tersebut. Dia mengatakan menyelenggarakan kegiatan itu untuk mempersatukan warga Jakarta.

"Jadi kami berharap mengimbau kepada warga Jakarta mari sama-sama hadiri tarawih akbar di Istiqlal. Insyaallah pengalaman ini pengalaman yang menguatkan ikatan silaturahmi di antara kita semua," paparnya.
(idn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed