DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 15:06 WIB

NasDem: ABG Pengancam Jokowi Harus Diproses di Pengadilan Anak

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
NasDem: ABG Pengancam Jokowi Harus Diproses di Pengadilan Anak Ketua DPP NasDem Irma Chaniago (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - NasDem meminta polisi terus memproses RJ (16), ABG pengancam Presiden Joko Widodo. NasDem meminta RJ diseret ke pengadilan anak.

"Jangan sampai ada pertanyaan yang berbau SARA di masyarakat nantinya, ketika dengan kasus yang sama tapi penindakan yang berbeda oleh polisi! Ini tentu merugikan presiden," kata Ketua DPP NasDem Irma Chaniago, Jumat (25/5/2018).

"Saya meminta polisi untuk tetap melakukan proses hukum yang berkeadilan terhadap anak ini melalui pengadilan anak serta melibatkan KPAI," tegas Irma.


Irma menyatakan keberatan kalau polisi melepas RJ begitu saja. Menurut dia, polisi harus bersikap adil dengan kasus-kasus penghinaan terhadap presiden sebelumnya.

"Anak ini tetap harus diproses secara hukum di pengadilan anak agar ada nilai pendidikan yang menjadi efek jera terhadap kasus-kasus serupa," sebut Irma.

Menurut Irma, RJ layak diseret ke meja hijau karena umur yang tergolong cukup. Menurut Irma, remaja 16 tahun tentu sudah bisa berpikir rasional.


"Polisi harus proses secara hukum untuk memberikan asas keadilan karena umur sudah 16 tahun, sudah bisa membedakan yang baik dan buruk," katanya.

Senada dengan Irma, Sekretaris F-NasDem Syarif Alkadrie mengatakan RJ layak diproses hukum. "Polisi harus proses secara hukum untuk memberikan asas keadilan karena umur sudah 16 tahun sudah bisa membedakan yang baik dan buruk," katanya.

Sebelumnya, RJ tetap diproses hukum atas video viral pengancaman terhadap Jokowi. RJ ditempatkan di tempat khusus.

"Yang bersangkutan tetap diproses hukum, namun prosesnya sesuai dengan Undang-Undang Peradilan Anak," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dihubungi detikcom.
(gbr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed