DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 10:51 WIB

Polisi Bakar Peralatan Tambang Emas Ilegal di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Polisi Bakar Peralatan Tambang Emas Ilegal di Riau Tambang emas ilegal dimusnahkan polisi (ist.)
Pekanbaru - Penambangan emas ilegal tetap saja marak di Kuantan Singingi (Kuansing) di Riau. Gerah akan aktivitas itu, pihak kepolisian membakar peralatan tambang emas ilegal.

"Penambangan emas ilegal ini terjadi wilayah Polsek Kuantan Tengah. Atas laporan masyarakat terkait aktivitas penambangan emas tanpa izin (Peti) tim kita turun ke lokasi," kata Kapolres Kuasing, Fibri Karpiananto kepada wartawan, Jumat (25/5/2018).

Menurut Fibri, masyarakat melaporkan adanya aktivitas penambangan ilegal di desa mereka. Penambangan emas ilegal tersebut telah merusak lingkungan setempat. Sehingga pada Kamis (24/5) tim diterjunkan ke lokasi untuk melihat langsung aktivitas penambangan ilegal itu.

"Tim kita terjunkan ke lokasi di aliaran sungai Piodang Desa Gobang. Saat di lokasi, ada dua unit penambangan emas ilegal yang lagi beroperasi," kata Fibri.

Hanya saja, sambung Fibri, begitu tim tiba di lokasi penambangan, para pekerjanya lebih dulu melarikan diri. Di lokasi masih ditemukan dua penambangan ilegal lagi yang tidak beroperasi.

"Jadi ada empat lokasi penambangan ilegal, dua saat beroperasi pelakunya langsung kabur. Dan dua lagi tidak beroperasi, namun kata warga biasanya dua peralatan lagi operasi malam hari," kata Fibri.

Dengan ditinggalnya sejumlah peralatan penambangan emas ilegal itu, pihaknya mengambil langkah tegas.

"Tim di lokasi melakukan pemusnahan alat penambangan dengan cara merusak dan membakar. Ini dilakukan agar tidak dapat dugunakan," kata Fibri.

Sehari sebelumnya, tambah Fibri, pada Rabu (23/5), timnya juga melakukan razia penambangan emas ilegal di Kec Singingi. Di lokasi itu ada 8 aktivitas penambangan ilegal.

Pihak kepolisian juga menindak tegas. Sejumlah peralatan penambangan yang ada di lokasi dimusnahkan dengan cara dibakar.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed