DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 09:32 WIB

Kata Kemenristek Dikti soal Fahri Ditolak Ceramah di UGM

Faiq Hidayat - detikNews
Kata Kemenristek Dikti soal Fahri Ditolak Ceramah di UGM Fahri Hamzah (Edzan Raharjo/detikcom)
Jakarta - Kemenristek Dikti mengaku pencoretan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sebagai penceramah merupakan urusan internal kampus UGM. Pihaknya tidak berwenang mencampuri pencoretan tersebut.

"Itu kembali ke kampus, kita tidak tahu. Koridor kami sejauh mana diperlukan, ranah kami pembelajaran itu kan mengundang dalam ceramah keagamaan, kalau diundang acara kemahasiswaan, kami jawab," ujar Kabag Umum Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti Syahril Chaniago kepada detikcom, Kamis (24/5/2018).

Syahril juga mengaku belum menerima laporan tersebut. Menurutnya, pencoretan itu perlu diklarifikasi siapa yang menolak Fahri untuk memberikan ceramah di masjid kampus UGM.

"Belum ada terima laporan, saya juga baru tahu ditolak kenapa. Iya kita kan harus diklarifikasi, itu kan yang menolak siapa belum ada laporan," tutur dia.

Meski begitu, Kemenristek Dikti tidak pernah menyuruh orang untuk melakukan pencekalan. Namun pencoretan itu harus dijelaskan pihak kampus UGM.

"Kami kan tidak menyuruh orang dicekal. Tapi itu ada di kampus, yang jelaskan kampus alasannya apa," kata Syahril.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Aryani sebelumnya menyatakan keputusan dicoretnya Fahri sebagai penceramah di Masjid Kampus atau Maskam, begitu warga UGM biasa menyebutnya, dilatarbelakangi pertemuan pihak Rektorat UGM dengan jajaran takmir Maskam. Lewat pertemuan itu, sejumlah nama dicoret, termasuk nama Fahri.

"Jadi memang ada beberapa pro-kontra di kalangan masyarakat berkaitan dengan beberapa penceramah (di Masjid Kampus UGM)," kata Iva Aryani, Kamis (24/5) kemarin.

Rektor UGM, Panut Mulyono, menyatakan alasan pencoretan sejumlah nama calon penceramah di Maskam juga dilandasi keluhan masyarakat dan sivitas akademika UGM. Mereka menyebut sejumlah nama penceramah di Maskam tak sesuai dengan jati diri UGM.

Sedangkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan gagalnya dia mengisi ceramah di UGM karena takmir masjid mendapat tekanan dari pihak luar.
(fai/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed