DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 07:53 WIB

Ini Imbauan Polisi ke Emak-emak yang Suka Terobos Lampu Merah

Faiq Hidayat - detikNews
Ini Imbauan Polisi ke Emak-emak yang Suka Terobos Lampu Merah Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Aksi emak-emak berkendara motor viral di media sosial. Emak-emak tersebut menerobos lampu lalu lintas di wilayah Gandaria, Jakarta Selatan.

Kejadian itu direkam salah seorang pemotor bernama Wira Satria yang diunggah di Instagram. Video itu diambil saat kondisi kendaraan tengah berhenti di depan lampu lalu lintas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengimbau para pengendara tertib menaati peraturan lalu lintas. Apabila pengendara melanggar lalu lintas bisa mengalami kecelakaan.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar mentaati peraturan lalu lintas, jangan melakukan pelanggaran karena kecelakaan lalu lintas itu didahului oleh pelanggaran," ujar Yusuf saat dihubungi detikcom, Kamis (24/5/2018) malam.



Yusuf mengatakan, pelanggaran lalu lintas melawan arus dan menerobos lampu lalu lintas bisa menyebabkan kecelakaan. Sehingga pengendara bisa meninggal dunia atau luka.

"Apalagi melawan arus dan menerobos lampu merah merupakan salah satu pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan fatalitas korban meninggal dunia," tutur dia.

Kejadian serupa bukan pertama kali. Maka menghadapi pengendara yang dikendarai emak-emak, polisi selalu bersikap sabar.

"Ya kita tetap hadapi dengan sabar dan lapangdada," kata Yusuf.

Dalam video viral itu, seorang ibu berbaju hijau langsung berbelok ke arah kanan saat lampu lalu lintas berwarna merah. Emak-emak tersebut berkendara cukup cepat dan tidak berhenti di lampu lalu lintas.

Saat itu, Wira bersama teman-temannya tengah berhenti menunggu lampu lalu lintas berganti hijau. Wira sebenarnya ingin memberi tahu emak tersebut agar tidak menerobos. Tapi apa daya, si emak telah mengendarai motor cukup jauh hingga akhirnya bersinggungan dengan mobil dan motor lain.

Terlihat dalam video itu arah berlawanan ada satu mobil dan motor yang melintas. Klakson terdengar begitu kencang untuk memperingatkan emak-emak itu.

Beruntung, emak-emak pemotor tersebut tidak mengalami kecelakaan. Dia pun langsung melanjutkan perjalanannya


(fai/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed