DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 18:40 WIB

Mendagri Sebut Timses Kotak Kosong Menyulitkan

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Mendagri Sebut Timses Kotak Kosong Menyulitkan Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyoroti perihal adanya tim sukses (timses) di daerah yang memajukan kotak kosong atau calon tunggal. Ia menilai, adanya timses bagi kotak kosong tersebut menyulitkan.

"Soal calon tunggal, kotak kosong itu ada timsesnya dan ini menyulitkan," kata Tjahjo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5/2018).


Tjahjo menuturkan, persoalan timses untuk kotak kosong tersebut pun juga dikeluhkan oleh pihak kepolisian. Ia mengatakan, Kapolri bahkan melakukan rapat bersama beberapa Kapolres untuk membahas hal tersebut.

"Kapolri rapat dengan seluruh Kapolres untuk mengeluhkan hal ini. Mau masang kotak kosong ada timsesnya, kan nggak boleh," ujarnya.

Tjahjo pun mengaku bahwa pada Pilkada pada 2015 silam pihaknya tak terpikir mengenai timses bagi calon tunggal. Ia justru kaget pada pilkada kali ini ditemukan ada timses bagi calon tunggal.

"2015 nggak terpikir akan ada timses calon tunggal. Sekarang ada gerakan, ada pasang spanduk," tuturnya.

Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali menyatakan kesulitan yang dimaskud adalah mengenai kesulitan dalam mengaturnya. Hal ini pun menjadi catatan ke depan.

"Kotak kosong memang jadi keluhan setiap kami kunjungan. Tapi memang masih agak sulit, Bawaslu juga agak sulit karena menurut Bawaslu kotak kosong itu bagaimana mengatur kotak itu seperti yang ada sekarang. Ini jadi catatan," tutur Zainuddin.


Diketahui, Panwaslu di beberapa daerah menemukan tim sukses bagi calon tunggal. Salah satunya di Kabupaten Pasuruan.

12 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) diduga tak netral dalam Pilbup Pasuruan. Mereka diduga ikut kampanye untuk kotak kosong.

"Sudah kami panggil semuanya. Saat ini masih dalam proses kajian apakah mereka melanggar Undang-Undang Pilkada atau tidak," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan Ahmari, Selasa (13/3).
(yas/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed