DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 17:14 WIB

PKS Bawa Rencana Pencapresan Abraham Samad ke Majelis Syuro

Zunita Amalia Putri - detikNews
PKS Bawa Rencana Pencapresan Abraham Samad ke Majelis Syuro Abraham Samad di tengah elite PKS. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua KPK Abraham Samad bertandang ke markas PKS. PKS sadar betul Samad meniti jalan ke pencapresan dan PKS bakal membahas pencapresan Samad di lembaga tertinggi partai.

Seusai pertemuan di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018), Presiden PKS Sohibul Iman menyampaikan pujiannya terhadap niat Samad itu, meski kunjungannya itu tak membahas Pilpres 2019.



"Ya saya tahulah Pak Abraham punya keinginan ke sana (pilpres) tapi tidak, nggak ada pembicaraan ke sana, tapi saya mengapresiasi kalau Pak Abraham mau maju, ya saya apresiasi," kata Sohibul.

Namun Sohibul mengingatkan ambang batas pencapresan adalah 20% kursi DPR atau 25% suara nasional. PKS sendiri hanya punya 6%. Jadi PKS tak bisa mengajukan capres sendiri.

"Kita tadi sudah bahas memang di negeri ini ada aturan seperti 20 persen. President threshold saya kira ini satu hal yang memang harus dilewati oleh siapa pun yang nyalon, dan PKS posisinya cuma punya 6 persen," imbuh Sohibul.



Saat ditanya apakah PKS akan mempertimbangkan Abraham untuk maju di Pilpres 2019 sebagai cawapres atau capres, Sohibul mengatakan perkara itu bakal dia sampaikan ke Majelis Syuro, lembaga tertinggi partai ini.

"Baru saja ketemu. Kan itu harus ada Majelis Syuro, nanti kita sampaikan di Majelis Syuro," ucap Sohibul.
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed