DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 16:53 WIB

Pemkot Jakut Tutup Paksa 2 Klub Malam yang Beroperasi di Ramadan

Eva Savitri - detikNews
Pemkot Jakut Tutup Paksa 2 Klub Malam yang Beroperasi di Ramadan Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Tim Pengawasan Penyelenggaraan Industri Pariwisata Jakarta Utara menutup operasional dua klub malam di Cilincing, Jakarta Utara. Kedua klub tersebut melanggar jam operasional tempat hiburan pada bulan puasa.

Kepala Satpol PP Jakarta Utara, Rony Jarpiko menjelaskan sesuai edaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nomor 17/SE/2018 jenis industri wisata yang wajib tutup selama Ramadan, diantaranya spa, sauna, griya pijat, klub malam dan diskotik. Namun saat dilakukan pengawasan dari 9 klub ditemukan 2 klub malam di kawasan Cilincing yang tidak menaati.

"Iya dari hasil patroli pada Rabu (23/5) malam ada yang kita tutup," ujar Rony ketika dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (24/5/2018).

Kedua klub malam itu yakni Dewi Malam dan Mercury yang berada di Jalan Raya Cilincing, Cilincing, Jakarta Utara. Rony menjelaskan keduanya ditutup paksa karena masih beroperasi, padahal sesuai aturan, klub malam harus tutup total selama ramadan hingga lebaran.


"Kebetulan yang tidak ada izin buka berarti dia harus tutup selama bulan ramadan, pas kita cek dua klub ini masih buka, akhirnya terpaksa kita tutup dengan memasang stiker 'TUTUP' oleh Sudin Pariwisata," ucapnya.

Bagi klub lain yang sudah menaati aturan juga dipasangkan stiker. Sedangkan untuk klub atau tempat karaoke yang merupakan fasilitas hotel, Rony mengimbau agar mematuhi jam operasional sesuai dengan yang telah ditentukan.

"Bagi yang sudah tutup, tetap dipasangkan stiker oleh Sudin Pariwisata, kita juga ingatkan klub yang ada di dalam hotel terkait jam buka yang sudah ditentukan sesuai surat edaran," jelasnya.

Rony mengatakan sebanyak 25 petugas gabungan berpatroli setiap malam. Hal ini merupakan bentuk pengawasan tempat hiburan di wilayah Jakarta Utara selama ramadan.

"Iya setiap malam ada 25 petugas gabungan dari Satpol PP, TNI, Sudin Pariwisata dan Kebudayaan,kita mulai dari pukul 22.00 WIB-03.00 WIB selama ramadan," tutupnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed