DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 14:40 WIB

Pemprov DKI akan Sediakan Angkutan Warga ke Arena Asian Games

Mochamad Zhacky - detikNews
Pemprov DKI akan Sediakan Angkutan Warga ke Arena Asian Games Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta sedang berupaya agar warga yang ingin menonton pertandingan Asian Games 2018 tidak membawa kendaraan pribadi. Karena itu, Pemprov DKI akan menyediakan angkutan khusus untuk warga.

"Hal-hal terkait dengan masyarakat umum, barangkali terkait lalu lintas yang perlu menjadi perhatian bahwa kita akan menyiapkan transportasi bagi warga untuk mendatangi venue-venue Asian Games," kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018).


Anies menuturkan saat ini Pemprov DKI dan Inasgoc sedang mengkaji soal lokasi yang menjadi terminal kendaraan khusus warga. Sejatinya, Pemprov DKI dan Inasgoc tidak hanya ingin mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, tapi juga mempermudah warga yang ingin menonton Asian Games secara langsung.

"Titik-titiknya nanti akan diumumkan karena sedang dalam proses kajian, sehingga warga bisa melakukan park and ride. Parkir dan kemudian tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke venue-venue," ujar Anies.

Pemprov DKI juga akan menyediakan bus TransJakarta untuk para volunteer dan wartawan secara gratis. Namun tidak semua wartawan bisa menikmati fasilitas tersebut.

"Jadi, tadi kita mengambil kebijakan bahwa para volunteer dan awak media itu bisa menggunakan TransJakarta secara gratis, dan mereka bisa pakai yang penting terdaftar," terang Anies.


Saat ini, Inasgoc sudah mendata setidaknya ada 7.000 volunteer dan wartawan yang terdaftar. Anies menuturkan tujuan penyediaan bus TransJakarta untuk volunteer dan wartawan juga untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi.

"Jumlah media yang sejauh ini sudah terdaftar 7.000 wartawan, jurnalis dari berbagai belahan dunia dan seluruh relawan. Mereka akan mendapatkan ID dan ID itu bisa dipakai untuk menggunakan TransJakarta, sehingga mereka tidak harus mencari kendaraan private," paparnya.
(zak/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed