DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 12:32 WIB

Masjid Baiturrahman yang Tak Lekang Dihantam Tsunami Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Masjid Baiturrahman yang Tak Lekang Dihantam Tsunami Aceh Masjid Baiturrahman, Aceh (agus/detikcom)
Aceh - Keberadaan masjid Baiturrahman tak hanya menjadi saksi bisu perang Aceh melawan Belanda. Saat konflik Aceh dengan Republik Indonesia berkecamuk, masjid ini juga menjadi saksi bisu. Di sana juga pernah diadakan Referendum yang digelar pada 1999. Jutaan orang berkumpul untuk menyatakan sikap ketika itu.

Kala tsunami menerjang Aceh pada 26 Desember 2004 silam, masjid Baiturrahman tidak mengalami kerusakan. Banyak warga memilih menyelamatkan diri di dalam masjid. Lokasi ini pula dipilih sebagai tempat evakuasi jenazah korban tsunami yang bergelimpangan.

"Masjid Baiturrahman ini bisa dibilang saksi bisu perjalanan sejarah Aceh," kata Kolektor Manuskrip Kuno Aceh, Tarmizi Abdul Hamid, beberapa waktu lalu.
Masjid Baiturahman yang Tak Lekang Dihantam Tsunami AcehFoto: dikhy sasra

Pada 2015 silam, masjid Baiturrahman mulai bersolek. Di depan masjid, kini dibangun 12 payung elektrik mirip dengan yang ada di Masjid Nabawi. Selain itu, masjid kebanggaan masyarakat Tanah Rencong ini juga sudah memiliki itu juga dilengkapi tempat parkir, tempat wudhu, serta toilet pria dan wanita. Semua bahannya terbuat dari batu marmer Italia atau Spanyol.

Dengan adanya payung tersebut, dapat menambah daya tampung jamaah yang semula 9000 orang di dalam masjid, menjadi 24.400 jamaah di dalam dan di luar masjid. Peresmian wajah baru masjid Baiturrahman ini dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2017 silam
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed