DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 11:24 WIB

Sandiaga Prioritaskan Penataan Kampung Cikunir

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandiaga Prioritaskan Penataan Kampung Cikunir Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno/Foto: Dwi Andayani/detikcom
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta sedang menyusun desain penataan kampung di Ibu Kota. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menyebut Kampung Cikunir di Jakarta Barat menjadi salah satu kawasan yang diprioritaskan.

"Berikutnya di Cikunir dan ada beberapa RW di kampung di wilayah Jakarta yang akan pelan-pelan kita lakukan sesuai dengan pendekatan kearifan lokal," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (24/5/2018).

Sandiaga memastikan warga sekitar akan dilibatkan dalam menata Kampung Cikunir. Dia ingin warga menentukan sendiri konsepnya sehingga seluruh kepentingan warga baik dari aspek ekonomi dan pendidikan bisa terpenuhi.

Namun, Sandiaga belum bisa menjelaskan sejauh mana proses pembahasan konsep penataan Kampung Cikunir. Begitu pula mengenai pelaksanaan penataannya.

"Kita ingin penataan yang lebih partisipatif, kolaboratif. Kita ingin penataan yang melibatkan masyarakat juga untuk menentukan bagaimana kampung itu bisa tetap memiliki ekosistem budaya, ekosistem pendidikan, ekonominya," papar Sandiaga.

Kampung Cikunir merupakan salah satu daerah yang terdampak penggusuran Pemprov DKI. Untuk penataannya Gubernur Anies Baswedan telah membentuk tim khusus bersama Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK).

"Ini sudah menjadi komitmen dengan membentuk tim kecil. Nantinya akan bersama-sama membereskan 16 kampung yang termasuk dalam Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK)," jelas Anies setelah melakukan rapat bersama JRMK di Balai Kota, 1 November 2017.


(zak/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed