DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 20:11 WIB

Fakta-fakta Mengejutkan Rampok Lelaki 'Cantik'

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Fakta-fakta Mengejutkan Rampok Lelaki Cantik Iqbal Rizki/Foto: ist.
Bandung - Bermodalkan kerudung, celana legging, serta pakaian wanita, Iqbal Rizki berhasil membobol--setidaknya menurut pengakuannya--5 tempat kos di Kota Bandung. Lelaki 27 tahun itu menyaru menjadi wanita untuk mengelabui orang-orang.

Namun aksi Iqbal terekam kamera CCTV hingga akhirnya dibekuk polisi. Aksi perampokan ala Iqbal itu pun kini berujung pada ancaman hukuman pidana.

Seperti apa fakta-fakta Iqbal perampok lelaki 'cantik', berikut seperti dirangkum detikcom pada Rabu (23/5/2018):


- Merampok dengan modus berdandan seperti wanita

Sosok Iqbal yang kurus semampai menjadi modal baginya untuk berdandan seperti wanita. Dengan begitu, Iqbal leluasa masuk ke tempat kos untuk melakukan pencurian.

"Berpenampilan seperti wanita ini supaya mengelabui masyarakat sekitar. Karena biasanya masyarakat beranggapan wanita jarang melakukan aksi pencurian, jadi dia menggunakan modus itu," kata Kapolsek Bandung Wetan Kompol Hidayatullah di Mapolsek Bandung Wetan, Jalan Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/5/2018).

"Jalannya juga seperti perempuan. Memang mirip. Tapi nyatanya dia adalah laki-laki. Kalau bisa dibilang, dia lelaki cantiklah," seloroh Hidayat.

- Bermodal kerudung dan legging

Untuk berdandan seperti wanita, Iqbal mengenakan pakaian wanita. Selain itu, Iqbal memakai kerudung.

Kemudian Iqbal memakai celana legging yang membentuk kaki semampainya. Terakhir, Iqbal juga memoleskan bedak serta lipstik untuk menunjang penyamarannya.

Dalam rekaman CCTV salah satu kos yang disatroninya, sekilas Iqbal memang seperti wanita. Namun aksinya yang mencurigakan itu pun telah terbongkar.


- Mengincar barang berharga hingga sepeda motor

Kompol Hidayatullah mengatakan Iqbal mengincar benda-benda berharga dari tempat kos yang ditinggal penghuninya. Barang-barang seperti laptop hingga telepon seluler menjadi incarannya.

"Setelah masuk, barulah dia mengambil sejumlah barang, seperti laptop dan HP (ponsel). Dia juga mengambil sepeda motor dengan cara mencongkel," kata Hidayat.

Setidaknya, menurut pengakuan Iqbal, sudah lima tempat kos yang digasaknya. Dia sengaja berdandan bak perempuan untuk mengecoh dan mengelabui masyarakat sekitar.

- Mengaku belajar dandan sendiri

Totalitas Iqbal menyamar sebagai perempuan memang mengagetkan. Tak hanya mengenakan pakaian perempuan, Iqbal juga berdandan. Iqbal mengaku belajar berdandan secara autodidak.

"Kalau dandan, aku belajar sendiri," kata Iqbal.

Dia sengaja berdandan bak perempuan untuk mengecoh dan mengelabui masyarakat sekitar.


- Sempat mengecoh polisi

Aksi Iqbal mencuri dengan modus berpakaian perempuan akhirnya berakhir. Saat ditangkap, Iqbal rupanya masih sempat mengecoh polisi.

"Dia juga waktu awal-awal ditangkap ngakunya perempuan. Tapi, saat dibawa ke kantor, kita curiga. Kita selidiki dan interogasi, akhirnya dia mengaku kalau dia lelaki," kata Hidayat.

Kini lelaki 'cantik' itu telah mendekam di rumah tahanan (rutan) Mapolsek Bandung Wetan. Polisi mengganjar Iqbal dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun bui.

- Ngekos dekat indekos incarannya

Aksi pencurian Iqbal tergolong profesional. Dia tak asal memilih indekos incarannya.

Polisi menyebut Iqbal sebelumnya menyewa kos di dekat indekos incarannya. Hal itu dilakukannya untuk memetakan kondisi sekitar.

"Dia berpindah-pindah tempat tinggal. Pernah ngekos di daerah Sukajadi dan terakhir di Tamansari," kata Kompol Hidayatullah, Rabu (23/5/2018).

"Memang dia ngekos di dekat lokasi yang jadi sasarannya. Dia mapping dulu. Kosan ini kosongnya kapan dan jam berapa, termasuk keamanannya bagaimana," tutur Hidayat.
(dhn/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed