DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 17:04 WIB

Beredar Video 'SPBU di Cipinang Meledak', Dipastikan Hoax

mei - detikNews
Beredar Video SPBU di Cipinang Meledak, Dipastikan Hoax Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Sebuah video kebakaran menjadi viral di media sosial. Kebakaran itu disebut-sebut terjadi di SPBU di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. Polisi memastikan informasi di video tersebut hoax.

"Tidak ada SPBU yang kebakar di Cipinang," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Sapta Maulana dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (23/5/2018).

Video tersebut menyebar viral di media sosial dan sejumlah grup WhatsApp. Beberapa penyebar rekaman video menyebutkan SPBU di Cipinang meledak.


Video itu juga tersebar di YouTube sejak 21 Mei lalu, tapi beberapa di antaranya masih ada yang mem-posting hingga hari ini. Beberapa pengunggah video menyebutkan pada caption video: "SPBU Cipinang Meledak!".

Sapta sendiri telah meminta anggotanya mengecek informasi tersebut. Polisi setempat telah berkoordinasi dengan Suku Dinas Kebakaran Jakarta Timur.

"Diketahui hari ini masih nihil kejadian kebakaran dan berdasarkan informasi kejadian kebakaran terjadi pada hari Senin, 21 Mei 2018, pada pukul 11.00 WIB, di Jalan Cipinang Muara Raya, Kelurahan Cipinang, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur," jelas Sapta.

Pada Senin (21/5) lalu, memang terjadi kebakaran di Pondok Bambu, Jakarta Timur. Kebakaran itu meluas hingga ke kawasan Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Kebakaran terjadi di Jalan Cipinang Muara 1 RT 07 RW 14 Cipinang Muara dan di Jalan Basuki Rahmat RT 09 RW 03 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur. Api berhasil dipadamkan saat itu. Total ada 42 rumah yang terbakar di kedua lokasi tersebut.

"Wilayah Cipinang Muara ada 6 rumah tinggal dan di wilayah Pondok Bambu ada 36 rumah," kata Kasi Pengawas Sudin PKP Jakarta Timur Gatot Sulaiman di Jalan Basuki Rahmat, Jakarta Timur, Senin (21/5) lalu.





(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed