DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 15:40 WIB

Jorok! Sampah Menumpuk di Pinggir Rel KA di Tanjung Priok

Eva Savitri - detikNews
Jorok! Sampah Menumpuk di Pinggir Rel KA di Tanjung Priok Foto: Eva Savitri/detikcom
Jakarta - Kondisi pinggiran rel kereta api di Jalan Bahari A11 Tanjung Priok, Jakarta Utara dipenuhi sampah. Tumpukan sampah menggunung di sebidang lahan kosong di pinggir rel tersebut.

Pantauan detikcom, sampah yang didominasi plastik itu terhampar di sekitar rel kereta api. Sampah tersebut kebanyakan limbah rumah tangga.

"Iya sudah bertahun-tahun lah ini," ujar Aldi (22), petugas lingkungan hidup saat ditemui detikcom di lokasi, Rabu (23/5/2018).

Menurut Aldi, sampah itu dibuang oleh warga sekitar. Masyarakat seakan menanggap tempat tersebut sebagai tempat pembuangan sementara (TPS). Padahal, di situ jelas-jelas terpasang pelang larangan membuang sampah di lokasi.


pinggir rel dipenuhi sampahpinggir rel dipenuhi sampah Foto: Eva Savitri/detikcom

"Iya dari warga sini, orang saya sering lihat kok. Warganya dari tembok sebelah ngelempar, terus motor kadang berhenti bawa sampah terus dilempar. Udah sering (tegur) percuma dibilangin juga. Galakan dia (warga)," ujarnya.

Aldi menjelaskan dirinya bersama petugas lingkungan hidup lain rutin membersihkan tumpukan sampah di situ. Namun sampah tidak kunjung bersih, karena kurangnya kesadaran masyarakat.

"Ya habis gimana ya, kalau dilarang galakan warganya. Soalnya kita bukan orang sini kita dari lingkungan hidup cuma disuruh kerja aja angkut sampah, gitu doang. Ntar juga ditinggalin besok pagi udah numpuk," ucapnya.

sampah berserakan di pinggir relsampah berserakan di pinggir rel Foto: Eva Savitri/detikcom



(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed