DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 15:20 WIB

Bukber Warga Butuh Rp 35 M, Pemprov DKI Sediakan Kotak Amal

Indra Komara - detikNews
Bukber Warga Butuh Rp 35 M, Pemprov DKI Sediakan Kotak Amal Kotak amal buka puasa bersama Pemprov DKI Jakarta (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta membutuhkan anggaran Rp 35 miliar untuk kegiatan buka puasa bersama di 223 RW di Ibu Kota. Pemprov DKI Jakarta lalu menyediakan kotak amal di Balai Kota.

Informasi itu disampaikan melalui pengeras suara di lingkungan Balai Kota.

"Pemprov DKI bekerja sama dengan ACT membutuhkan dana untuk buka bersama warga. Diletakkan kotak amal di lantai dasar gedung Balai Kota," demikian informasi yang disampai lewat pengeras suara, Rabu (23/5/2018).


Pemprov DKI Sediakan Kotak Amal di Balai Kota untuk Bukber WargaKotak amal buka puasa bersama Pemprov DKI Jakarta. (Indra Komara/detikcom)

Dilihat detikcom, ada 2 kotak amal yang disediakan. Kotak amal itu ditaruh di lobi gedung Blok G, Balai Kota.

Kotak amal itu berwarna putih. Disertai juga visual bertulisan 'Berbuka Bersama. Jakarta Bahagia. Semua Kebagian Berkahnya' ditambah foto wajah Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pada gambar itu disertai juga logo Pemprov DKI, BAZIS, Dompet Dhuafa, dan ACT. Selain bisa menyumbang dana langsung lewat kotak amal, sumbangan bisa diberikan melalui rekening yang tercantum.


Seorang PNS DKI di lingkungan Balai Kota bernama Yusuf mengatakan kotak amal itu baru diletakkan siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB.

"Baru beberapa menit (ditaruh)," katanya.

Sebelumnya, Anies menginisiasi kegiatan buka puasa bersama selama bulan Ramadan tahun ini. Dana yang dibutuhkan untuk kegiatan buka puasa bersama ini mencapai Rp 35 miliar.

"Kita tidak ingin ada warga yang merasakan lapar di Ibu Kota, (dan) mulai sekarang (kita) di bulan puasa dengan menyiapkan buka puasa bagi semua. Dan sekarang dimulai dari RW-RW yang masuk kategori padat, masyarakatnya mayoritas miskin dan jumlahnya kira-kira 223 RW," kata Anies di Balai Kota, Selasa (15/5).


Buka puasa bersama ini akan digelar selama 20 hari pertama Ramadan. Dana yang dibutuhkan sebesar Rp 35,68 miliar.

Sandiaga menyebut anggaran tersebut bukan berasal dari APBD. Anggarannya akan disiapkan melalui public private partnership.

"Oleh karena itu, kita menggandeng teman-teman dari Dompet Dhuafa dan teman-teman dari ACT (Aksi Cepat Tanggap) untuk membantu," kata Sandiaga Rabu (16/5).
(idn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed