DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 20:29 WIB

Tanya Jawab Islam

Hukum dan Pahala Kurban Secara Iuran

Tim detikRamadan - detikNews
Hukum dan Pahala Kurban Secara Iuran
FOKUS BERITA: Tanya Jawab Islam
Jakarta - Menjelang Idul Adha, sejumlah organisasi, seperti sekolah-sekolah, mengajak para siswa mengumpulkan sejumlah uang untuk kemudian dibelikan hewan kurban.

Yang kemudian menjadi pertanyaan, bagaimana hukumnya mengenai hal ini? Apakah kurban yang dilakukan secara iuran mendapatkan pahala berkurban?

Menjawab pertanyaan ini, pengasuh Pondok Pesantren Hj Badriyah Fayumi, MA menjelaskan bahwa kurban dalam syariat Islam merupakan ibadah maliyah, yang sifatnya khusus, atau ibadah finansial, ibadah harta yang sifatnya khusus.


Kekhususannya bagaimana? Pertama, niatnya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kedua, ada binatang yang disembelih berupa kambing, sapi atau unta.

Kambing untuk satu orang, sapi atau unta untuk tujuh orang. Kekhususan berikutnya, ibadah ini dilakukan pada hari Idul Adha dan ayyamu tasyrik tiga hari. Karena itu, ibadah kurban yang memiliki ketentuan yang khusus ini bisa disebut sebagai ibadah kurban yang memenuhi syariat ketika ketentuan-ketentuan ini dipenuhi.

Ketika ada kurban seekor kambing untuk satu orang, atas nama si A, si B, si C misalnya, walaupun dalam hadis juga dikatakan bahwa satu keluarga yang berkurban satu kambing untuk atas nama satu orang, insyaallah seluruh anggota keluarganya juga akan mendapatkan pahala.

Bagaimana dengan iuran kurban yang dilakukan di sekolah-sekolah? Yang diikuti puluhan, bahkan ratusan, siswa yang iuran ramai-ramai untuk membeli satu, dua, atau tiga ekor kambing?

Nah, ibadah yang demikian, secara syariat tidak bisa kita hukumi sebagai ibadah kurban, tetapi tetap mendapatkan pahala ibadah sedekah, ibadah infak fisabilillah.

Sebab, di situ ada unsur pendidikan, ada unsur latihan, ada unsur kepedulian kepada fakir miskin. Allah SWT yang Maha Pemurah, Mahaluas, memberikan pahala kepada orang yang infak fisabilillah, sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 261.

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Jadi, teruslah berlatih untuk berkurban. Insyaallah suatu saat ketika dewasa nanti, anak-anak yang latihan kurban di sekolah akan berkurban yang sesuai dengan ketentuan syariat pada saat diberi rezeki oleh Allah.

Simak penjelasan lebih lengkapnya dalam videi berikut ini:



Saksikan program Tanya Jawab Islam, setiap hari pukul 17:35 WIB selama Ramadan di detikcom.


Tonton juga video spesial Ramadan lainnya tentang mengaji berikut ini:



(rns/rns)
FOKUS BERITA: Tanya Jawab Islam
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed