DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 20:16 WIB

Rampok Lelaki 'Cantik' Berjilbab yang Bikin Kaget

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rampok Lelaki Cantik Berjilbab yang Bikin Kaget Iqbal Rizki, sosok lelaki cantik berjilbab perampok spesialis indekos di Bandung (Foto: dok. Istimewa)
Bandung - Sosok perampok berjilbab yang tertangkap kamera CCTV saat beraksi di indekos di kawasan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, terungkap. Tak ada yang menyangka jika Iqbal Rizki (27) merupakan lelaki cantik berjilbab yang berada di balik sosok perempuan semampai itu.

Iqbal ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Bandung Wetan pada Senin (21/5) setelah menggasak sejumlah barang berharga di indekos Jalan Tamansari, Bandung Wetan, Bandung. Rupanya Iqbal memang kerap berdandan bak perempuan saat melancarkan aksinya.

"Berpenampilan seperti wanita ini supaya mengelabui masyarakat sekitar. Karena biasanya masyarakat beranggapan wanita jarang melakukan aksi pencurian, jadi dia menggunakan modus itu," kata Kapolsek Bandung Wetan Kompol Hidayatullah di Mapolsek Bandung Wetan, Jalan Cihapit, Kota Bandung, Jabar, Selasa (22/5/2018).

"Jalannya juga seperti perempuan. Memang mirip. Tapi nyatanya dia adalah laki-laki. Kalau bisa dibilang, dia lelaki cantiklah," seloroh Hidayat.


Hidayat menuturkan dalam setiap aksinya, Iqbal mengenakan pakaian perempuan, mengenakan kerudung dan celana legging, sehingga membentuk kaki yang semampai. Aksinya sempat terekam kamera CCTV dekat indekos. Dalam rekaman itu, sekilas Iqbal memang seperti wanita.

Setelah berdandan bak perempuan, Iqbal langsung mendatangi tempat sasarannya. Iqbal masuk ke kamar indekos yang kosong ditinggalkan penghuninya. Dia masuk dengan cara mencongkel jendela atau pintu kamar.

"Setelah masuk, barulah dia mengambil sejumlah barang, seperti laptop dan HP (ponsel). Dia juga mengambil sepeda motor dengan cara mencongkel," jelas Hidayat.
Wajah Iqbal Rizki setelah jilbab dilepasWajah Iqbal Rizki setelah jilbab dilepas (Foto: dok. Istimewa)

Selain penampilan, suara Iqbal halus mirip perempuan. Dengan kepala tertunduk dan suara lirih, Iqbal mengakui perbuatannya telah membobol indekos di Bandung.

"Iya, memang aku sudah mencuri," ujar Iqbal dengan nada suara pelan.

Dia juga mengakui memiliki kepribadian perempuan. Iqbal kerap berdandan layaknya perempuan dan memang sengaja memanjangkan rambutnya hingga sepunggung.

"Iya (punya kepribadian seperti perempuan). Kalau dandan aku belajar sendiri," kata pria asal Kabupaten Garut itu.
Sejumlah barang bukti kejahatan Iqbal Rizki yang ditunjukkan polisiSejumlah barang bukti kejahatan Iqbal Rizki yang ditunjukkan polisi. (Dony Indra/detikcom)

Iqbal pun mengakui sudah lima kali beraksi dengan sasaran indekos di Kota Bandung. Dia sengaja berdandan bak perempuan untuk mengecoh dan mengelabui masyarakat sekitar. Bahkan, Hidayat juga membenarkan anak buahnya sempat terkecoh dan mengira Iqbal perempuan tulen.

"Dia juga waktu awal-awal ditangkap ngakunya perempuan. Tapi, saat dibawa ke kantor, kita curiga. Kita selidiki dan interogasi, akhirnya dia mengaku kalau dia lelaki," kata Hidayat.

Kini lelaki 'cantik' itu telah mendekam di rumah tahanan (rutan) Mapolsek Bandung Wetan. Polisi mengganjar Iqbal dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun bui.

Dari tangan Iqbal, polisi menyita barang bukti berupa empat unit laptop, sepeda motor, ponsel, tas perempuan, dan kacamata.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed