DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 17:01 WIB

JPO di Daan Mogot Mangkrak Setahun, Ini Kata Dinas Bina Marga

Arief Ikhsanudin - detikNews
JPO di Daan Mogot Mangkrak Setahun, Ini Kata Dinas Bina Marga JPO Jembatan Gantung di Jakarta Barat rusak berat belum diperbaiki. (Arief/detikcom)
Jakarta - Jembatan penyeberangan orang (JPO) Jembatan Gantung di Daan Mogot dibiarkan mangkrak selama hampir setahun. Warga menyesalkan hal ini karena peran JPO itu sangat vital.

detikcom kemudian meminta konfirmasi kepada pihak Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Dinas ini menjadi penanggung jawab pengelolaan JPO di Jakarta.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan pihaknya sedang mengupayakan perbaikan JPO Jembatan Gantung yang mangkrak. Namun kapan kepastian pengerjaannya, dia belum bisa menjawab.


"Sedang diupayakan. Diusahakan tahun ini," kata Yusmada saat dihubungi, Selasa (22/5/2018).

"Kita berharap ada lelang katalog. (Tapi) belum tahu (waktunya)," sambung Yusmada.

detikcom melihat kondisi JPO Jembatan Gantung di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (22/5) siang. Banyak warga yang mengeluhkan jembatan ini tidak kunjung diperbaiki.

JPO Jembatan Gantung di Jakarta Barat rusak berat belum diperbaikiJPO Jembatan Gantung di Jakarta Barat rusak berat belum diperbaiki. (Arief/detikcom)

JPO yang menghubungkan wilayah Grogol-Cengkareng ini terputus pada pertengahan Juli 2017 akibat ditabrak truk. Jembatan ini hanya bisa digunakan warga pada sebagian sisinya untuk menaiki bus TransJakarta.

Sisi JPO Jembatan Gantung di jalan yang mengarah ke Cengareng/Kalideres sudah tidak bisa digunakan. Akses masuknya ditutup kabel besar. Sementara itu, di JPO di sisi jalan yang mengarah ke Grogol masih bisa dipakai untuk menuju bus TransJ.

Selain terputus, kondisi JPO ini tampak tidak terawat. Tulisan Halte TransJakarta Jembatan Gantung pun sudah pudar. Ada karat terlihat, terutama di bagian patahan. Ada juga atap yang sudah terbuka serta sebagian sisi JPO yang penyok.
(aik/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed