DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 06:38 WIB

Viral Sobekan Alquran di Jaksel, PBNU: Itu Adu Domba, Jangan Emosi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Viral Sobekan Alquran di Jaksel, PBNU: Itu Adu Domba, Jangan Emosi Foto: Sobekan Alquran Berserakan di Jl Gunawarman (istimewa)
Jakarta - Video potongan kertas yang disebut lembaran Alquran tersobek-sobek dan berserakan di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, viral di media sosial. Wasekjen PBNU Masduki Baidlowi menduga hal itu sebagai bagian dari adu domba.

"Saya sudah mendiskusikan itu. Kalau ada sobekan Alquran, saya atau sampean bisa saya menyobek Alquran secara sembunyi-sembunyi di malam-malam dan menebarkan itu di mana bisa saja kan," kata Masduki saat dihubungi, Senin (21/5/2018).

"Itu artinya apa, bisa saja untuk adu domba kepada umat. Ini kan tahun politik. Ini kan banyak kejadian agar bagaimana umat Islam peka. Bagaimana muslim yang mayoritas itu marah," sambungnya.


Dia meminta umat Islam untuk tak mudah terprovokasi atas hal-hal yang bersifat dapat memicu sensitivitas. Dia meminta hal itu untuk tak ditanggapi secara emosional.

Viral Sobekan Alquran di Jaksel, PBNU: Itu Adu Domba, Jangan EmosiFoto: Sobekan Alquran Berserakan di Jl Gunawarman (istimewa)

"Itu modus lama, gaya lama yang orang sudah hafal. Sering dipakai untuk teknik adu domba.," ujar Masduki.

"Tidak perlu emosional, itu politik adu domba di tahun politik. itu kelakuan orang yang biasa adu domba. Tapi masyarakat sudah mulai peka, sudah mulai tahu," imbuh dia.


Video potongan Alquran disobek-sobek dan bertebaran di jalan ini viral di medsos pada Minggu (20/5). Polda Metro Jaya dan pihak Polres Jakarta Selatan sedang menelusuri kasus ini.

"Kita sudah bentuk tim, kita sedang penyelidikan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.


Dilihat detikcom, video ini diambil oleh seorang pria. Dia memvideokan potongan Alquran tersebut yang berserakan di sepanjang jalan. Kendaraan saat itu ramai melintas.

"Ini Alquran ini, bukan uang, ini nggak tahu siapa yang nyobek-nyobek terus ngebuang di Jalan Gunawarman. Ini nggak tahu orang nggak punya otak apa nggak punya..., ini pokoknya orang to**l. Ini kertas ini semua Alquran, bukan apa-apa, ini kertas Alquran semuanya," ujarnya.



Simak video viral sobekan Alquran berceceran di Jalan Gunadarma berikut ini:

(jbr/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed