DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 06:24 WIB

Ramadan 2018

Gembiranya Pekerja RI di Seoul Buka Puasa Bersama

Andhika Respati - detikNews
Gembiranya Pekerja RI di Seoul Buka Puasa Bersama Suasana berbuka puasa bersama di masjid Itaewon, Seoul. Foto: Andhika Respati
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadan
Seoul - Kirno, pekerja migran Indonesia (PMI) asal Magelang yang tinggal di Suwon, Korea Selatan (Korsel) terlihat semringah. Dia bersyukur bisa berkumpul berbuka puasa bersama dengan para perantau asal Indonesia lainnya.

"Seneng kalau puasa bareng temen-temen Indonesia di perantauan gini, rasanya gayeng dan guyub," Kirno dalam bahasa Jawa. Gayeng artinya gembira dan guyub artinya rukun.

Acara buka puasa bersama yang diikuti Kirno merupakan salah satu cara Komunitas Muslim Indonesia (KMI) di Seoul, Korsel, menghiasi bulan suci Ramadan 1439 H. Buka puasa bersama ini jadi ajang berkumpul para perantau asal Indonesia di Korsel.



"Buka puasa bersama ini menjadi kesempatan emas bagi masyarakat muslim Indonesia untuk menyampaikan salam kedamaian dan kebahagiaan sekaligus mempererat silaturahmi dengan sesama umat muslim dari berbagai penjuru dunia yang berada di Korea Selatan," kata Misran, Ketua KMI.

Mengambil tema 'Indahnya Berbagi Sedekah di Bulan yang Penuh Berkah', acara buka puasa bersama yang dilaksanakan di Masjid Itaewon, Seoul, Sabtu, 19 Mei 2018 ini diikuti lebih dari 1.000 masyarakat muslim yang tinggal di Korea Selatan.

Masjid Itaewon Seoul dipilih untuk mengawali berbagai kegiatan KMI di bulan suci Ramadan karena merupakan pusat dakwah Islam di Korea Selatan. Diharapkan Misran, acara buka puasa penuh rasa kebersamaan ini, setidaknya bisa mengajak masyarakat Korsel secara umum dapat mengenal Islam lebih baik.

Gembiranya Pekerja RI di Seoul Buka Puasa Bersama Buka puasa bersama ini jadi ajang berkumpul para perantau asal Indonesia di Korsel. Foto: Andhika Respati


Selain Kirno, PMI lain yangtak kalah gembira dengan adanya acara berbuka puasa bersama ini adalah Devan, yang berdomisili di Incheon. Devan rela menempuh perjalanan selama dua jam dari Incheon menuju Masjid Itaewon Seoul untuk bersilaturahmi. "Jarak bukan halangan untuk menuntut kebaikan," singkatnya.

Ada juga Munir, PMI asal Kediri, dia sempat menceritakan pengalamannya pertama kali berpuasa di Korsel. "Lebih lama ya puasa di sini dibanding puasa di Indonesia, di sini 16 jam. Tapi Insya Allah kuat, yang penting niat," ujarnya mantap.



Buka puasa bersama merupakan tradisi umat Islam untuk saling berbagi kehangatan dan kebahagiaan selama bulan suci Ramadan. Buka puasa bersama juga menjadi ajang mempererat tali silaturahmi diantara kita.

Gembiranya Pekerja RI di Seoul Buka Puasa Bersama Masjid Itaewon Seoul dipilih karena merupakan pusat dakwah Islam di Korsel. Foto: Andhika Respati


Semoga umat muslim Indonesia yang ada di Korea Selatan ini dapat menghias dan memaknai Ramadan dengan penuh keindahan, mampu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT secara bersama-sama.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1439 H.


*) Andhika Respati adalah mahasiswa S2 program Master Global Leaders on Environmental Policy di University of Seoul, merupakan anggota Persatuan Pelajar Indonesia di Korea (Perpika) sekaligus Ketua Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Muhammadiyah Korea Selatan.


Bagi Anda para pembaca detikcom yang memiliki cerita berkesan Ramadan seperti di atas, silakan kirimkan tulisan Anda ke email: ramadan@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor kontak Anda dan foto-foto penunjang cerita.



(rns/rns)
FOKUS BERITA: Cerita Berkesan Ramadan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed