DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 02:35 WIB

Merapi Erupsi Susulan Selama 3 Menit

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Merapi Erupsi Susulan Selama 3 Menit Foto: ANTARA FOTO
Jakarta - Gunung Merapi kembali mengalami erupsi susulan. Erupsi susulan tersebut berdurasi 3 menit.

Akun Twitter resmi milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, @BPPTKG, Selasa (22/5/2018) pukul 02.26 WIB mengumumkan erupsi ini.

"Erupsi susulan terjadi jam 01.47 WIB, tinggi kolom asap 3.500 m arah ke barat teramat sr Pos PGM Babadan #merapi Amplitudo maksimum 40 mm durasi 3 menit," tulis akun tersebut.

Seperti diketahui, status Gunung Merapi meningkat dari normal menjadi waspada. Masyarakat yang berada di kawasan sekitar Merapi sampai radius 3 km diminta meninggalkan lokasi.

Peningkatan status Merapi ini diumumkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, Kementerian ESDM, lewat laporan yang diterbitkan Senin (21/5/2018). Informasi ini juga diteruskan oleh BPBD DIY, lewat akun Twitter @Pusdalops_diy.

"Sehubungan telah terjadi peningkatan aktivitas letusan freatik dan diikuti dengan kejadian gempa VT dan gempa tremor pada tanggal 21 Mei 2018, maka disimpulkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Merapi mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya aktivitas tersebut, maka terhitung mulai tanggal 21 Mei 2018 pukul 23.00 WIB, status aktivitas Gunung Merapi dinaikkan dari tingkat 'NORMAL' menjadi 'WASPADA'," demikian bunyi surat dari PVMBG yang ditandatangani Kepala Pusat PVMBG Hanik Humaida.
(yas/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed