DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 00:13 WIB

AHY: Teroris Musuh Negara, TNI Punya Peran Hentikan Teror

Indra Komara - detikNews
AHY: Teroris Musuh Negara, TNI Punya Peran Hentikan Teror Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: dok. Partai Demokrat)
Jakarta -

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setuju TNI dilibatkan dalam pemberantasan aksi teror. Menurutnya, TNI memiliki peran menghentikan segala bentuk teror.

"Terorisme adalah musuh negara. Musuh yang harus dihadapi seluruh elemen bangsa, termasuk TNI. Undang-undang telah menyebutkan bahwa TNI juga memiliki peran, memiliki fungsi, untuk bisa melaksanakan operasi militer secara khusus bisa menghentikan, juga mencegah aksi teror," katanya di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

TNI dengan kekuatannya harus bersinergi dengan Polri. AHY menilai TNI punya kemampuan dalam menghadapi skenario terburuk, seperti penyanderaan.

"Tentunya dalam pelaksanaannya harus bersinergi dengan elemen lainnya, termasuk dengan Polri, termasuk dengan intelijen dan aparat penegak hukum yang berlaku di Indonesia. TNI punya kemampuan, punya kapasitas terlatih dan dilatih, setiap saat untuk menghadapi worst case scenario, termasuk penyanderaan, termasuk menghadapi bahan peledak," jelasnya.

Dengan dilibatkannya TNI, dia berharap Indonesia menjadi negara yang kuat dalam mencegah terorisme. Dia tidak ingin negara-negara lain mengeluarkan travel warning yang berdampak pada menurunnya sektor pariwisata.

"Kita tentu berharap negara akan semakin memiliki kemampuan dan juga semakin solid dalam mencegah aksi terorisme," terangnya.




(idn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed