DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 14:25 WIB

Ular Piton 8 Meter Lepas, Ini Kata BKSDA Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Ular Piton 8 Meter Lepas, Ini Kata BKSDA Sumsel Foto: Ular piton raksasa sepanjang 8 meter bikin geger warga Sumsel (Screenshot video Husni Awal)
Palembang - Ular piton 8 meter yang ditangkap oleh warga panukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan lepas. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengimbau warga tetap waspada.

"Ya ularnya sudah lepas, mau bagaimana lagi. Kemarin anggota sudah cek kesana tidak ada, Minggu (20/5) dini hari ular itu lepas dari rumah Kepala Dusun. Menurut informasi arahnya ke aliran sungai yang ada di Desa Sungai Limpah," kata Kepala BKSDA Sumsel, Genman Hasibuan, saat ditemui di kantornya Jalan Punti Kayu, Palembang, Senin (21/5/2018).


Genman mengatakan warga sudah terlambat memberi kabar penangkapan ular piton raksasa itu sehingga dua hari setelah ditangkap ular berhasil lepas dari tali pengikatnya.

Setelah ular lepas, pihak BKSDA resort Muaraenim langsung mendatangi lokasi dan meminta keterangan dari warga dan meminta warga waspada.

"Kami sudah kasih kontak sama kepala dusun dan warga, kalau nanti ada yang melihat agar segera menghubungi kami. Kami juga menghimbau warga waspada dengan ular piton berukuran besar ini, karena ini bukan manusia saja yang bisa dia telan, sapi juga bisa," sambungnya.


Selain itu, Genman juga menghimbau pada masyarakat jika menangkap ular dengan ukuran cukup besar untuk tidak diikat dengan tali tambang saja tetapi harus dimasukkan dalam kandang atau karung jumbo agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Kalau bisa ular jangan diikat tali-lah ya kan ular bukan satwa seperti kambing. Kalau bisa dimasukkan kandang khusus atau karung jumbo juga boleh. Tapi tetap jangan lupa segera hubungi kami agar segera bisa diselamatkan," katanya.

Ular jenis piton berukuran 8 meter ditangkap oleh warga pada Kamis (17/5) malam. Butuh tenaga 4 orang untuk bisa menangkap ular itu dengan memakan waktu hingga 3 jam.

Dua hari setelah ditangkap, ular itu lepas dan membuat resah warga Desa Sungai Lincah, Talang Ubi. Warga khawatir ular akan kembali dan memangsa ternak milik warga.
(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed